Ketahui dan Hafalkan Doa Ini Ketika Hujan Turun untuk Memohon Keselamatan

Ketahui dan Hafalkan Doa Ini Ketika Hujan Turun untuk Memohon Keselamatan
Doa Ketika Hujan (rbtv.disway.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Ketika sedang hujan, umat muslim di anjurkan untuk memanjatkan doa. Hal ini bertujuan untuk menjadi bentuk perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dari segala keburukan atau musibah. Maka, penting untuk mengetahui ini dan mengingatnya agar dapat di amalkan saat sedang turun hujan.

Saat hujan turun terutama ketika intensitasnya tinggi, maka dapat menyebabkan beberapa hal yang di khawatirkan. Salah satu hal yang biasanya akan di takuti saat hujan yakni banjir, yang terjadi akibat adanya limpahan air yang semakin meluap dan tidak dapat terserap atau di alirkan dengan baik.

Apabila air tak dapat di serap dengan baik oleh tanah atau di salurkan menuju saluran air, maka banjir pun dapat terjadi. Terjadinya banjir dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi beberapa hal. Seperti melemahnya kegiatan ekonomi, adanya korban jiwa hingga rusaknya lingkungan dan ekosistem.

Baca Juga:Begini Sejarah Kapal Pinisi yang Kini Sedang Menjadi Google Doodle pada Hari IniHati-hati, Memasang HP di Setang Motor Ternyata Bisa Bikin HP Rusak! Cari Tahu Apa Penyebabnya

Untuk itu, salah satu upaya yang dapat di lakukan yakni dengan mengamalkan doa sebagai upaya untuk memohon pertolongan dan keselamatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Panjatkan Doa Ketika Hujan

Dalam meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka di anjurkan untuk memanjatkan doa yang di baca Rasulullah. Doa ini dapat di panjatkan saat hujan sedang turun, terutama di musim hujan seperti saat ini. Berikut doa yang dapat di panjatkan, seperti yang di lansir dari laman Kemenag.

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah pada kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, (Kairo: Darud Diyan lit Turats, 1987 M/1408 H), pada halaman 176.

Rasulullah membaca doa tersebut ketika sedang khutbah Jumat berlangsung, dimana seorang sahabat datang melaporkan jika hujan deras yang selama sekira enam hari berlangsung membuat masyarakat kehilangan harta benda dan merusak fasilitas jalan.

Doa dalam latin : Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari.

Dengan artinya : “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudaratkan). Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

Ada pula doa lainnya yang dapat di panjatkan ketika hujan sedang turun. Sebagaimana tercantum dalam kitab Maslakul Akhyar, doa tersebut di lafadzkan sebagai berikut.

Baca Juga:Sinopsis Film Wonka : Awal Mula Perjalanan Willy Wonka Muda Saat Membangun Bisnis Pabrik CokelatAsal Usul Cromboloni, Makanan yang Tengah Viral dan Banyak Diburu

Doa dalam latin : Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi‘â.

Dengan artinya: “Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat.”

Namun, hujan juga merupakan suatu nikmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala yang patut di syukuri. Pasalnya, hujan dapat membawa berkah bagi makhluk-Nya karena dapat membuat udara menjadi sejuk hingga dapat mengairi sawah yang kekeringan.

0 Komentar