Panjatkan Doa Ini untuk Keselamatan, Inilah Doa yang Dapat Dipanjatkan di Musim Hujan Ketika Turun Hujan

Panjatkan Doa Ini untuk Keselamatan, Inilah Doa yang Dapat Dipanjatkan di Musim Hujan Ketika Turun Hujan
Doa Saat Hujan Turun (TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE Danny Louis/ disway)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Saat musim hujan sedang melanda, maka ada kemungkinan jika intensitas hujan semakin meningkat. Jika hal tersebut terjadi, maka ada kemungkinan pula akan terjadi beberapa hal misalnya banjir. Untuk itu, sebaiknya perbanyaklah membaca doa saat musim hujan ketika hujan sedang turun.

Banjir dapat terjadi jika limpahan air semakin meluap ke daratan. Lalu, air pun tak dapat di serap dengan cepat oleh tanah maupun di alirkan menuju saluran air. Di tambah dengan curah hujan yang tinggi, maka banjir pun bisa saja terjadi.

Banjir merupakan salah satu bencana yang merusak dan dapat mempengaruhi kehidupan. Banyak hal yang akan terdampak akibat banjir. Seperti adanya korban jiwa, rusaknya properti, terhambatnya kegiatan ekonomi, kerugian lingkungan karena rusaknya ekosistem sungai dan daerah pesisir hingga terjadinya krisis air bersih.

Baca Juga:Jangan Menunggu Rusak! Simak Tips Merawat Mobil Saat Musim HujanKatakan No pada Nyamuk! Berikut, Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Saat Musim Hujan

Doa Ketika Turun Hujan

Mengingat adanya bencana yang bisa saja terjadi, maka terdapat anjuran untuk memanjatkan doa yang di baca oleh Rasulullah. Melansir dari laman Kemenag, berikut doa yang dapat di panjatkan saat musim hujan ketika sedang turun hujan.

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, (Kairo: Darud Diyan lit Turats, 1987 M/1408 H), halaman 176.

Rasulullah membaca doa ini saat khutbah Jumat berlangsung saat seorang sahabat datang melapor bahwa hujan deras yang selama sekira enam hari berlangsung membuat masyarakat kehilangan harta benda dan merusak fasilitas jalan.

Doa dalam latin : Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari.

Artinya : “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudaratkan). Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

Selain doa di atas, ada juga doa lain di musim hujan saat hujan turun. Sebagaimana tercantum dalam kitab Maslakul Akhyar, berikut bacaan doanya dalam latin.

Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi‘â.

Artinya : “Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat.”

0 Komentar