Dikenal Sebagai Galaxy Kanibal! Cek 5 Fakta Menarik Galaxy Bimasakti yang Kita Tinggali, Tampil Cantik Namun Mengerikan

PIXABAY/Luminas_Art
PIXABAY/Luminas_Art
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Matahari ini menjadi salah satu bintang terdekat dari Bumi, tetapi matahari jelas bukan satu-satunya bintang di alam semesta. Ada banyak sekali ketahui bintang yang bertebaran di luar Tata Surya kita dan itu semua tergabung dalam sebuah galaksi. Galaxy yang kita tempati ini, ialah bimasakti. Ketahui juga beberapa fakta menarik galaxy bimasakti.

Matahari terletak di salah satu lengan galaksi super besar yang di kenal dengan nama Milk Way atau Bimasakti. Untuk kamu kamu belum mengetahui apa itu Galaxy Bimasakti, berikut ini fakta menarik mengenai galaxy bimasakti.

Fakta Menarik Galaxy Bimasakti

1. Galaxy Bimasakti Terdiri Dari 200 Miliar Bintang

Ternyata bimasakti ini terdiri dari 200 sampai 400 miliar bintang. Mungkin kita akan berpikir bahwa jumlah bintang itu sangat banyak. Namun kenyataannya, Bimasakti tidak ada apa-apanya jika di bandingkan dengan galaksi lain di alam semesta. Sejauh ini galaksi terbesar yang pernah di temukan manusia terdiri dari 100 triliun bintang.

Baca Juga:5 Ramalan Zodiak yang Akan Mencapai Kesuksesan di Tahun 2024 – Aries Cocok BerwirausahaTidak Hanya Terhimpit Finansial, Berikut Ini Penyebab Generasi Sandwich yang Dialami Para Milenial dan Gen z

2. Hanya Bisa Melihat 0,000003% Total Bintang yang Ada

Saat cuaca langit sedang bagus pasti di malam hari kita akan melihat banyaknya bintang yang bertaburan di luar angkasa sana. Galaksi Bimasakti ini memiliki 200 miliar bintang dan mata manusia tidak mungkin bisa menangkap itu semua. Informasi dari laman Discover Magazine, bintang yang kita lihat dari Bumi hanyalah 0,000003 persen dari total keseluruhan bintang di galaksi Bimasakti.

Banyaknya bintang tersebut menjadi makin sulit di lihat karena lokasinya yang sangat jauh dari Matahari atau Bumi. Mata manusia maksimal hanya bisa melihat bintang yang jaraknya 1000 tahun cahaya dan itu pun masih harus membutuhkan teleskop untuk melihatnya dengan jelas.

3. Ada Lubang Hitam di Pusat Galaxy

Galaxy Bimasakti ini memiliki sebuah lubang hitam supermasif yang tinggal di pusat galaksi. Lubang hitam ini di kenal dengan nama Sagitarius A* dan memiliki massa 4 juta kali lipat dari Matahari. Sagitarius A* juga sangat ganas dan bisa melahap apa pun yang berada dekat dengannya.

Kamu pun tidak perlu khawatir dengan nasib bumi, hal ini karena Bumi berjarak 25.800 tahun cahaya atau sekitar 250 triliun kilometer dari lubang hitam tersebut. Jarak yang sangat jauh itu, mustahil bagi Sagitarius A* untuk menelan planet kita.

4. Bimasakti Merupakan Galaxy Kanibal

Fakta menarik lainnya mengenai galaxy bimasakti ini, yaitu bimasakti merupakan galaxy kanibal. Sama seperti manusia yang membutuhkan makan, Bimasakti juga membutuhkan “makanan” berupa galaksi lain. Bimasakti ini sudah banyak menyantap banyak galaksi.

Korban-korbannya ini merupakan galaksi kecil yang mengorbit atau bergerak terlalu dekat dengannya, seperti galaksi Katai Sagitarius yang di santapnya sekitar 5 sampai 6 miliar tahun yang lalu. Bahkan bisa membuat Bimasakti berubah bentuk.

5. Bimasakti Setua Alam Semesta

Menurut beberapa ahli para astronom, alam semesta tercipta sekitar 13,8 miliar tahun yang lalu. Dilansir dari NASA, kebanyakan galaksi berusia antara 13,6 sampai 10 miliar tahun. Tetapi, Bimasakti lahir sekitar 13,6 miliar tahun lalu dan termasuk dalam golongan galaksi pertama yang lahir. Kemudian menyelang sekitar 8 miliar tahun kemudian, Matahari mulai terbentuk, begitu juga dengan Bumi dan planet lainnya di Tata Surya.

***

0 Komentar