Program Fumigasi Buku Dan Arsip

0 Komentar

Dalam rangka pemeliharaan aset dan berkas yang ada di Perpustakaan 400 Kota Cirebon, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melaksanakan kegiatan fumigasi. Program ini merupakan salah satu bagian dari program pembinaan perpustakaan dan merupakan turunan dari program pengelolaan perpustakaan tahun anggaran 2023.

Terhitung sejak 14 Desember hingga 18 Desember 2023, Perpustakaan 400 Kota Cirebon yang berada di Jalan Brigjend Dharsono Kota Cirebon, tidak dapat beroprasi seperti biasanya. Plang peringtan terpampang di depan pintu masuk perpustakaan, menandakan sedang dilakukan pekerjaan yang berkaitan dengan zat berbahaya.

Kegiatan itu merupakan fumigasi yang dilakukan dalam rangka pemeliharaan aset dan berkas yang ada di Perpustakaan 400 Kota Cirebon. Fumigasi ini melibatkan pekerja profesional yang akan melakukan pengasapan terhadap bahan pustaka menggunakan bahan kimia khusus.

Baca Juga:Disdik Kab. Cirebon Pastikan Tidak Ada Kekosongan Jabatan KepsekJumat Berkah

Tujuannya untuk mencegah, mengobati, mensterilkan dan membasmi hama yang dapat merusak bahan Pustaka. Fokus utama perawatan dilakukan pada ruang layanan perpustakaan, yakni lantai satu dan lantai dua. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunawan mengatakan, proses fumigasi akan berlangsung selama 5 hari untuk memastikan peneterasi zat ke buku secara maksimal, dan layanan perpustakaan akan kembali normal pada rabu 18 Desember 2023.

Sementara, pemeliharaan berkas dengan metode fumigasi ini, sewajarnya dilakukan secara rutin sebanyak 2 kali dalam setahun. Namun untuk tahun ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, hanya dapat menjalankan program tersebut dipengujung tahun 2023, dikarenakan keterbatasan alokasi APBD

0 Komentar