8 Negara Terbesar di Dunia, Ada yang Luas Wilayahnya Mencapai 17 Juta Kilometer Persegi!

8 Negara Terbesar di Dunia, Ada yang Luas Wilayahnya Mencapai 17 Juta Kilometer Persegi!
Negara Terbesar di Dunia (Disway)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Jika kamu melihat bola dunia, akan terlihat ada banyak negara yang tersebar. Masing-masing negara, mempunyai luas yang beragam hingga tergolong ke dalam kategori negara terbesar di dunia. Salah satu negara di Eropa, tercatat sebagai negara terbesar pertama dengan luasnya mencapai 17 juta km persegi. Negara apa yang di maksud? Simak penjelasan lengkapnya hingga akhir.

1. Argentina

Argentina merupakan negara yang memiliki ibukota di Bueno Aires dengan luasnya mencapai 2.780.400 km persegi. Negara ini di kenal sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia karena terdapat varietas ekosistem terbesar dengan cakupan taman nasional, lahan dan biotop.

2. India

Pecinta film Bollywood, pastinya sudah tahu dari mana film ini berasal. Yap, India. Negara ini termasuk ke dalam negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia hingga luas wilayahnya pun mencapai angka 3,287 juta kilometer persegi.

Baca Juga:Cek Penerima BLT El Nino Melalui cekbansos.kemensos.go.id, Berikut Rangkaian Langkah-langkahnyaTelah Datang Kembali Sang Raja Atlantis! Film Aquaman and the Lost Kingdom Telah Tayang di Bioskop pada Desember 2023, Berikut Sinopsisnya

3. Australia

Negara terbesar di dunia selanjutnya yaitu Australia yang terkenal dengan hewan kanguru yang konon merupakan hewan asli yang mudah ditemui di sana. Luas wilayahnya yakni 7,692 juta kilometer persegi. Memiliki enam negara bagian yaitu New South Wales, Queensland, Australia Selatan, Tasmania, Victoria, Australia Barat, Wilayah Utara, dan Wilayah Ibu Kota Australia.

4. Brasil

Berikutnya ada Brasil yang bagian negaranya yakni hampir setengah dari benua Amerika Selatan dan berbatasan dengan setiap negara di sana, namun tidak dengan Chili dan Ekuador. Negara ini memiliki luas 8.515.767 kilometer persegi dan memiliki Sungai Amazon yang di kenal sebagai sungai terbesar di dunia.

5. Amerika Serikat

Negara dengan bentangan luas sejauh 9,372 kilometer persegi ini, memiliki banyak landmark populer yang telah terkenal di dunia. Misalnya Patung Liberty, Mount Rushmore dan lain-lain.

6. China

Selain menjadi negara terbesar, China juga memiliki jumlah penduduk yang banyak sehingga termasuk ke dalam negara terpadat di dunia. Luasnya yakni 9.706.961 kilometer persegi dan memiliki sebuah landmark yang terkenal yakni Tembok Raksasa.

7. Kanada

Kanada menjadi negara dengan urutan kedua terbesar yang memiliki luas hampir 10 juta kilometer persegi. Negara ini memiliki wisata populer yang menarik seperti Air Terjun Niagara, Taman Nasional Banff dan kota tua yang berlokasi di Quebec.

8. Rusia

Urutan terakhir yakni Rusia yang merupakan negara terbesar dengan luas mencapai 17.098.242 kilometer persegi. Negara ini merupakan negara dengan populasi tertinggi di Eropa hingga memiliki banyak hewan yang berjumlah lebih dari 125 ribu hewan.

0 Komentar