Cek Penerima BLT El Nino Melalui cekbansos.kemensos.go.id, Berikut Rangkaian Langkah-langkahnya

Cek Penerima BLT El Nino Melalui cekbansos.kemensos.go.id, Berikut Rangkaian Langkah-langkahnya
Ilustrasi Cek Penerima BLT El Nino
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Fasilitas untuk mengecek BLT El Nino dapat di lakukan melalui laman cekbaksos.kemensos.go.id. Bantuan langsung tunai ini merupakan program untuk masyarakat dari pemerintah bagi yang terkena dampak fenomena El Nino.

Berdasarkan info yang di dapatkan dari laman Portal Informasi Indonesia, bantuan akan berjalan selama dua bulan, yakni di bulan November dan Desember. Dengan bentuk penyaluran bantuan yakni di salurkan melalui rekening dari penerima atau melalui transfer.

Jumlah bantuan langsung tunai yang akan di saluran kepada masyarakat yakni sebesar Rp400 ribu. Dengan jumlah penerima bantuan langsung tunai sebanyak Rp18,8 juta bagi keluarga penerima manfaat (KPM) yaitu penerima sembako, sebagaimana yang di tetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga:Telah Datang Kembali Sang Raja Atlantis! Film Aquaman and the Lost Kingdom Telah Tayang di Bioskop pada Desember 2023, Berikut SinopsisnyaHP Lipat Tecno Phantom V Flip dengan Desain Clamshell yang Nampak Elegan dan Stylish, Cari Tahu Harga dan Spesifikasinya

Sementara untuk penerima beras berjumlah 21,3 juta KPM yang merupakan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan/atau penerima bantuan sembako. Maka, bagi penerima sembako akan memperoleh BLT dan bantuan beras. BLT akan di berikan melalui Kemensos dan bantuan beras akan di berikan oleh Badan Pangan Nasional.

Cek Penerima BLT El Nino Melalui Laman cekbaksos.kemensos.go.id

Untuk mengetahui daftar penerima, maka bisa melakukan pengecekan melalui laman cekbaksos.kemensos.go.id. Selain menggunakan laman tersebut, bisa juga melakukan pengecekan melalui aplikasi cek bansos. Berikut caranya.

  • Ketik pada browser HP/laptop/perangkat lainnya cekbaksos.kemensos.go.id.
  • Masukkan data diri berupa nama provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan.
  • Masukkan nama penerima manfaat, sesuaikan dengan yang tertera pada KTP.
  • Ketika empat huruf kode tanpa spasi, sesuaikan dengan yang tertera pada kotak kode.
  • Kemudian, tekan cari data dan akan muncul halaman yang menampilkan daftar penerima sesuai dengan data yang dimasukkan.
  • Masyarakat termasuk golongan penerima BLT El Nino jika kolom Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) atau bantuan sembako berstatus “ya”.

Jika penerima manfaat belum mempunyai aplikasi cek bansos, maka buat akun baru. Caranya sebagai berikut.

Pilih buat akun baru lalu isi kolom yang tersedia dengan data diri, sesuaikan dengan data yang ada pada KTP. Masukkan juga swafoto dengan KTP dan foto KTP. Jika sudah, tekan buat akun baru dan data akan terverifikasi jika berhasil. Kemudian, login dan ketik username dan password. Pilih menu cek bansos dan cari data.

0 Komentar