KAYA BANGET!!! Ini Dia 7 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia/IDX Channel
Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia/IDX Channel
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Dengan produksi 80 metrik ton minyak bumi pada tahun 1990-an, Indonesia sempat menjadi salah satu negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia.

Namun sayangnya, jumlah produksi ini terus menurun setiap tahun. Data terbaru menunjukkan bahwa Indonesia hanya menghasilkan 31 meter kubik minyak bumi.

Oleh karena itu, PT Pertamina melakukan penelitian di berbagai tempat untuk menemukan cadangan minyak baru.

Baca Juga:Menelusuri Keindahan dan Keunikan Gunung SumedangBMKG Sumedang Hari Ini: Pemantauan Cuaca dan Informasi Terkini

PT Pertamina melakukannya untuk mencapai target pemerintah di sektor energi nasional untuk mencapai produksi gas 12 miliar.

Kemudian, untuk standar kaki kubik per hari (BSCFD) dan produksi minyak 1 juta barel per hari pada tahun 2030.

Akhirnya, PT Pertamina menemukan cadangan minyak baru di Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sebuah pengumuman di buat oleh PT Pertamina EP (PEP) Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina tentang penemuan sumber daya hidrokarbon di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, di luar minyak bumi.

7 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah daftar negara-negara terbesar di dunia yang menghasilkan minyak bumi dengan produksi lebih dari 100 juta ton, yang di ambil dari Enerji:

1. Amerika Serikat

Dengan produksi sebesar 762 meter kubik, minyak bumi telah menjadi industri penting di Amerika Serikat sejak di temukan di daerah Oil Creek di Titusville, Pennsylvania, di tahun 1859. Saat ini, Amerika Serikat adalah negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Ini mendorong Amerika Serikat untuk memulai eksplorasi dan produksi minyak mentah, menjadikannya produsen minyak mentah terbesar di dunia, memproduksi 15% dari total minyak mentah dunia. Texas (43 persen), North Dakota (10,4%), New Mexico (9,2%), Oklahoma (4,1%), dan Colorado (4,1%) adalah tambang penghasil minyak terbesar di negara ini.

2. Arab Saudi

Dengan jumlah produksi sebanyak 601 mt pada tahun 2022, Arab Saudi akan menjadi negara produsen minyak bumi terbesar kedua di dunia. Cadangan minyak bumi negara tersebut mencapai 17% dari total cadangan global. Sumber daya alam Arab Saudi selain minyak mencakup bijih besi, tembaga, emas, gas alam, dan emas. Negara ini dapat menghasilkan nilai ekspor minyak bumi sebesar USD 326,289 hanya di tahun 2021.

Baca Juga:Ini Dia Penyebab Laptop dan Smart TV Tak Bisa Connect ke WiFiIni Panduan Praktis Cara Nonton Film Gratis di Smart TV Samsung

3. Rusia

Salah satu anggota BRICS yang menghasilkan minyak mentah terbesar adalah Rusia. Negara ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan 11 juta barel minyak setiap hari, menjadikannya negara eksportir gas alam terbesar di dunia, menurut data Statista. Selain itu, di ketahui bahwa Rusia memiliki cadangan minyak bumi yang belum di temukan sebesar 22 miliar barel dan batu bara terbesar kedua dan keenam di dunia, menurut perkiraan Survei Geologi AS.

4. Kanada

Selanjutnya, Kanada memproduksi minyak mentah sebanyak 270 mt per tahun, atau sekitar 4,8 juta barel per hari, jika jaringan pipa Trans Mountain di perluas dari Alberta ke Pantai Barat. Dengan perluasan ini, tingkat produksi minyak mentah Kanada akan meningkat dari 300.000 barel per hari menjadi 890.000 barel per hari. Dengan perluasan tingkat produksi ini, Kanada berharap dapat melampaui kemampuan produksi Amerika Serikat.

5. Irak

Di tahun 2022, Irak dapat meningkatkan produksi minyak mentah tahunannya menjadi 220 metrik ton. Pada tahun 1990, negara ini sempat menghasilkan 104 metrik ton, tetapi pada tahun berikutnya, produksinya menurun drastis menjadi 18 metrik ton. Namun, pada akhir tahun 1999, Irak kembali menghasilkan minyak mentah sebesar 129 metrik ton. Sejak itu, negara ini berhasil mencapai puncak produksinya.

6. Tiongkok

Sejak tahun 1990-an, Tiongkok menjadi negara yang cukup stabil dalam produksi minyak mentah. Pada tahun 1990, produksinya sebesar 138 metrik ton per tahun, tetapi terus meningkat hingga mencapai 217 metrik ton pada tahun 2016, menurut data terakhir dari Enerdata.

7. Uni Emirat Arab

Sejak penemuan minyak di tahun 1958, negara ini berubah menjadi negara modern dengan standar hidup yang tinggi. Uni Emirat Arab memproduksi 3,2 juta barel minyak bumi dan cairan setiap hari, menjadikannya produsen minyak terbesar saat ini, dengan sekitar 100 miliar barel cadangan minyak bumi yang berasal dari Abu Dhabi. Dengan cadangan gas alam lebih dari 215 triliun kaki kubik, negara ini di kenal sebagai produsen terbesar dan terbesar ketujuh di dunia. Benar saja, Uni Emirat Arab menemukan cadangan gas sebesar 80 triliun kaki kubik di Jebel Ali pada tahun 2020. Penemuan ini mendorong Uni Emirat Arab untuk memulai eksplorasi di lepas pantai Abu Dhabi untuk meningkatkan produksi minyak mentahnya.

0 Komentar