Tidak Bisa Ditanam di Daerah Lain? Intip Fakta Menarik Ubi Cilembu Khas Sumedang yang Legit, Manis, dan Beraroma Madu

wahananews.co
wahananews.co
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Mungkin bagi masyarakat Jawa Barat sudah tidak asing lagi dengan salah satu ubi terenak yaitu ubi Cilembu khas sumedang. Jenis umbi-umbian yang masih masuk keluarga ubi jalar dan ras umbi lokal ini terkenal memiliki cita rasa yang khas. Rasanya yang legit dan aromanya yang mirip dengan mentega.

Katanya ubi jenis ini hanya bisa tumbuh di wilayah Desa Cilembu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Nah, jika kamu mencoba menanamnya di wilayah lain, rasa madunya tidak akan keluar dan rasanya seperti ubi biasa pada umumnya. Maka dari itu, simak beberapa fakta menarik ubi cilembu khas Sumedang.

Fakta Ubi Cilembu Sumedang

1. Tanah Desa Cilembu Memiliki Bakteri Khusus

Menurut penelitian yang di lakukan oleh Agustina Monalisa, seorang mahasiswa Doktoral Institut Teknologi Bandung (ITB). Menemukan fakta bahwa tanah di kawasan Desa Cilembu memiliki bakteri khusus bernama Rhizosfer dan Endofit. Bakteri tersebut nantinya akan menguraikan tanah sehingga menghasilkan cita rasa ubi yang di tanam memiliki kandungan sari madu alami.

Baca Juga:Berikan Pendidikan yang Terbaik untuk Anak-Anak, Ini 5 Daftar Pesantren Terbaik di Sumedang – Mencetak Santri Lulusan TerbaikBanyak Terjadi Kejahatan! Berikut 5 Negara Rawan Copet Patut Kamu Waspadai – Jaga Barang Berharga Kamu

Jadi, saat di tanam dengan kultur tanah wilayah lain, ubi cilembu tidak bisa memiliki karakter rasa yang sama saat ketika di tanam di tanah yang masuk wilayah Kabupaten Sumedang tersebut.

2. Bagus untuk Penderita Diabetes

Ternyata umbi yang bernama latin ‘Ipomoea Batatas Cilembu’ ini memiliki kandungan yang aman bagi para penderita penyakit diabetes tipe I dan II. Berdasarkan informasi dari alodokter.com dan blog.sayurbox.com, di dalam satu buah ubi cilembu terdapat karbohidrat kompleks yang padat dan relatif lama di serap oleh tubuh.

Tidak hanya itu saja, ubi jalar juga memiliki hormon adiponektin dan flavonoid yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah serta lemak di dalam darah. Lalu, ada sekitar 77% serat dalam ubi jalar tidak larut dan memiliki peran dalam memerangi gula darah yang tinggi.

3. Di masak dengan Cara di Oven

Fakta menarik lainnya yaitu ternyata ubi cilembu ini hanya bisa di masak dengan cara di oven. Ubi cilembu hanya akan mengeluarkan rasa manis seperti madu saat di matangkan menggunakan oven. Hal tersebut karena berkenaan dengan tingginya kadar gula alami yang terkandung di ubi cilembu.

Apabila di masak dengan cara di goreng, maka kandungan manis alaminya akan rusak dan menyebabkan gosong sehingga ubi madu hanya bisa dimasak dengan cara di bakar perlahan atau di oven.

***

0 Komentar