Berikan Pendidikan yang Terbaik untuk Anak-Anak, Ini 5 Daftar Pesantren Terbaik di Sumedang – Mencetak Santri Lulusan Terbaik

badanwakaf.com
badanwakaf.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Kita sebagai orang tua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak kita nanti. Mencari sekolah yang terbaik agar bisa menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Kamu mungkin saja akan mencoba memasukan anak-anak ke pesantren terbaik yang ada di Sumedang.

Kabupaten Sumedang merupakan wilayah kabupaten di JABAR. Kota administratif kabupaten yang ada di kecamatan Sumedang utara. Oleh karena itu, sebagian besar daftar nama pondok pesantren di kabupaten Sumedang berada di wilayah ini. Mari kita cari tahu daftar pesantren yang ada di sumedang.

Daftar Pesantren di Sumedang

1. Pesantren Asyirofudin

Pertama ada pondok Pesantren Asyirofudin yang merupakan ponpes tertua di Sumedang. Lembaga ini berdiri tahun 1846. Pada awalnya pondok ini adalah sarana pengajian yang di lakukan masyarakat setempat. Di karenakan memiliki banyak peminat, akhirnya kegiatan mulai di rubah menjadi agenda pendidikan.

Baca Juga:Banyak Terjadi Kejahatan! Berikut 5 Negara Rawan Copet Patut Kamu Waspadai – Jaga Barang Berharga KamuKenali 5 Jenis Minyak Goreng yang Baik untuk Kesehatan Tubuh – Yuk, Coba Hidup Sehat di Akhir Tahun ini

Untuk saat ini, pondok pesantren tersebut sudah berkembang sangat pesat. Lalu untuk pendidikan formal yang di jalankan sudah banyak di antaranya RA dan STAI Asyirofudin. Untuk lokasinya sendiri berada di Cipicung Conggeang Sumedang.

2. Pesantren Zumrotul Muttaqien

Pesantren Zumrotul Muttaqien bisa menjadi pilihan pondok selanjutnya. Pondok ini sudah berdiri sejak tahun 1990. Selain itu juga, para  santri tersebar di beberapa lembaga pendidikan seperti RA, MTS dan Aliyah. Mereka juga di ikut sertakan program belajar Madrasah Diniyah dan Tahfidz Quran.

Bahkan untuk prioritas utama mereka ini yaitu pemantapan kedisiplinan santri. Maka dari itu, di hari-hari tertentu mereka diwajibkan berbahasa Inggris dan Bahasa Arab. Tidak hanya itu saja, mereka pun harus terampil berdiskusi ilmiah. Untuk lokasinya berada di Desa Situraja Utara Kec. Situraja Kabupaten Sumedang..

3. Ponpes Darul Quran

Berikutnya Ponpes Darul Quran yang di dirikan tahun 1985 oleh ulama kharismatik Sumedang KH. Raden Muhammad Ilyas. Sampai saat ini pondok tersebut sudah berkembang bahkan memiliki dua cabang di Cimalaka dan Paseh. Keunggulan jika mondok di sini yakni mendidik santri terampil Qiroah.

Di pondok ini memang tidak di wajibkan untuk bermukim karena sebagian besar santri adalah pelajar, mereka akan mondok sehabis pulang sekolah. Pondok yang hanya memiliki satu lembaga formal MTS ini berada di Prapatan Cimalaka Sumedang.

4. Pesantren Al Makmun

Pesantren yang berada di sumedang lainnya, yaitu Pesantren Al Makmun. Ternyata pesantren ini merupakan salah satu pondok yang paling terkenal di Sumedang. Bahkan pada tahun 2005 di bangun SMK Al Makmun. Pembelajaran keagamaan yang akan kamu dapatkan ini sangat lengkap.

Mulai dari nahwu sorof hingga tarikh dan ulumul hadist. Sedangkan untuk bidang bakat sudah di adakan ekstra kurikuler latihan pidato, jurnalistik dan Qasidah. Pondok pesantren yang ada di Desa Gunturmekar Tanjungkerta Kab. Sumedang ini layak untuk di jadikan sebuah pilihan.

Baca Juga:Lakukan Hal ini Sebelum Solo Traveling! Ini Dia 5 Tips Solo Traveling Biar Kamu Enggak Nyasar dan BingungTampilan Lebih Kecil dan Mungil, Cek Spesifikasi dan Harga Honda Giorno 2022 – Kamu Pasti Kepincut dengan Gaya Retro

5. Ponpes Miftahul Hasanah

Rekomendasi yang lain ada Ponpes Miftahul Hasanah yang menerapkan sistem belajar tradisional atau salafiyah. Di mana pendidikan keagamaan lebih kental di bandingkan pendidikan umum. Sementara untuk pendidikan formalnya ada dua lembaga yaitu MTS dan Aliyah. Lokasinya ada di Jalan Genteng Blok Citepus Desa Sukaluyu Sukasari Sumedang.

***

0 Komentar