Mengeksplorasi Keragaman Kuliner di Indonesia : Teh Talua Minuman Khas Sumatera Barat yang Memiliki Ragam Manfaat

Mengeksplorasi Keragaman Kuliner di Indonesia : Teh Talua Minuman Khas Sumatera Barat yang Memiliki Ragam Manfaat
Teh Talua (Radar Mukomuko)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Teh talua atau teh telur merupakan minuman khas Sumatera Barat. Sesuai dengan namanya, minuman ini di buat dengan menggunakan bahan utama berupa telur. Namun tidak perlu takut rasanya akan amis, asalkan di olah dengan cara yang tepat.

Mengenal sejarahnya, minuman ini konon menjadi makanan untuk menambah stamina. Dahulu, minuman ini juga konon katanya merupakan minuman bangsawan. Hingga lama kelamaan, semua orang pun bisa menikmatinya.

Minuman ini di racik dengan menggunakan campuran telur ayam kampung atau bebek, dengan tambahan teh. Konon, memiliki rasa yang enak dan tekstur yang creamy. Selain rasanya yang enak, ada beragam manfaat lainnya selain untuk menambah stamina. Berikut selengkapnya.

Baca Juga:Jangan Lewatkan Manfaatnya! Ternyata Ini Sederet Manfaat Minum Teh Bagi TubuhCuaca Lagi Panas, Butuh yang Segar dan Mudah Dibuat? Cobain 6 Ide Olahan Teh yang Segar dan Auto Bikin Tenggorokan Adem, Wajib Cobain!

Manfaat Teh Talua

Selain menambah stamina atau energi, minuman ini juga konon berfungsi seperti kopi. Layaknya kopi yang memberikan manfaat agar seseorang dapat terjaga, minuman ini juga konon membuat seseorang terjaga sepanjang malam. Pasalnya, kandungan kafein pada teh telur, hampir mirip dengan kafein pada kopi.

Manfaat lainnya yakni memenuhi asupan vitamin karena mengandung banyak vitamin. Seperti vitamin A, D, dan E yang akan berguna untuk berbagai fungsi kesehatan tubuh; seperti melindungi kulit, menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan lain-lain.

Cara Membuat

Untuk membuatnya, siapkan bahan-bahan seperti 1 butir telur ayam kampung, gula pasir yang bisa disesuaikan, teh bubuk, air, susu kental manis dan jeruk nipis. Kemudian sediakan gelas untuk menaruh kuning telur bersama gula pasir dan kocok hingga berbuih.

Selanjutnya, seduh teh menggunakan air hingga berubah menjadi cokelat pekat dan masukkan ke dalam gelas yang berisi kuning telur. Tambahkan susu kental manis dan beri perasa jeruk nipis. Aduk merata agar semua bahan tercampur dan teh talua pun bisa di minum.

0 Komentar