Bacaan Niat Dan Tata Cara Mandi Wajib Setelah Keluar Mani

Bacaan Niat Dan Tata Cara Mandi Wajib Setelah Keluar Mani
sumber : inews.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Air mani yang keluar dari kemaluan, baik karena istimta’, mimpi basah, atau bersetubuh termasuk dalam junub, sehingga muslim dalam kondisi tersebut di haruskan untuk mandi wajib.Berikut niat dan doa mandi wajib setelah keluar air mani.

Kewajiban mandi wajib bagi yang keluar mani ini di riwayatkan dalam hadis. Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رضي الله تعالى عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم { الْمَاءُ مِنْ الْمَاءِ } رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya: “Dari Abu Sa’id Al-Khudri Ra. Ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda, ‘Air itu karena air (wajibnya mandi karena keluarnya air mani)’” (HR Muslim).

Baca Juga:Rekomendasi Film Akhir Pekan Tahun 2023 Dari Berbagai GenreAdakah Minuman Penghancur Batu Ginjal? Inilah Rekomendasi Minuman Mengatasi Batu Ginjal Aman Kesehatan

Di kutip dari NU Online, kondisi keluar mani ini mencakup semua hal, baik dalam keadaan terjaga atau tertidur, disengaja atau tidak, ada sebab atau tidak, hingga disertai syahwat atau tidak.

Mani sendiri adalah cairan yang keluar dari kemaluan karena rangsangan seksual atau tanda dari syahwat.

Dengan mandi wajib, muslim tak hanya terjaga kebersihan dirinya, tetapi suci dari hadas dan siap untuk melakukan ibadah sholat.

Anjuran mengenai mandi wajib ini pun tercantum dalam Al Quran surat An Nisa ayat 43, sebagai berikut:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu sholat sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, [jangan pula hampiri masjid] sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja hingga kamu mandi.”

Niat mandi wajib setelah keluar air mani

Berikut doa niat mandi wajib setelah keluar air mani.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari minal janaabati fardhollillahi ta’ala.

Baca Juga:Mulai Dari Android sampai iPhone Inilah Akan Hadir Jadi Tren Tahun 2024Eksplorasi Keindahan Cirebon: Tempat Wisata Populer yang Memikat

Artinya: Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari janabah, fardu karena Allah Ta’ala.

Dalam mazhab Syafi’i, niat di sebutkan bersamaan saat air pertama kali disiramkan ke tubuh.

Tata cara mandi wajib setelah keluar mani

Berikut tata cara mandi wajib setelah keluar mani.

1. Membaca basmalah dan niat mandi wajib atau junub di dalam hati atau bisa di ucapkan secara pelan.Mencuci tangan sebanyak tiga kali untuk menghilangkan najis yang menempel di tangan.2. Bersihkan bagian tubuh yang dianggap kotor, termasuk pada bagian kemaluan dan sekitarnya dengan tangan kiri untuk menghilangkan najis.3. Berwudhu dengan wudhu yang sempurna seperti ketika hendak sholat, termasuk melafalkan doa-doanya. Pungkasi dengan menyiram kedua kaki.4. Ambil air dan basuh kepala tiga kali, termasuk pangkal rambut dan telinga5. Guyur seluruh tubuh dengan air, mulai dari sisi kanan lalu kiriKemudian basuh kedua kaki sampai mata kaki dengan mendahulukan yang kanan lalu kiri.

0 Komentar