Kucing Kamu Anggora atau Persia? Kenalin Perbedaan Kucing Anggora dan Persia, Kenali Ciri-Cirinya

perbedaan kucing anggora dan persia: popbela.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Orang awam mungkin merasa sulit membedakan ras kucing. Kucing Persia biasanya di sebut Persia jika bulunya panjang. Kucing putih biasanya di sebut Anggora jika di lihat. Namun, perbedaan antara kucing Anggora dan Persia tidak begitu sederhana.

Selain bentuk fisik, kebiasaan hingga perawatannya pun berbeda. Kalau kamu tertarik atau sedang memelihara keduanya, mengetahui karakteristik masing-masing hewan akan membantu memberikan treatment yang tepat.

Perbedaan kucing Anggora dan Persia

Bisa di bilang, dua jenis kucing ini adalah yang paling populer di Indonesia. Kebanyakan pemilik kucing bulu panjang memilih antara Persia atau Anggora, juga di kenal sebagai Angora, atau keduanya. Mungkin juga mereka menggabungkan keduanya. Namun, tidak semua demikian. Karena bulu panjang kedua jenis kucing ini, tidak mengherankan jika orang sering salah mengira mereka Persia atau Anggora.

Baca Juga:Ada Keluarga W dan Z: Yuk Intip Deretan Motor Klasik Kawasaki Mulai Rp30 JutaanIce Diving Dikenal Paling Ekstrim, Lho: Yuk Kenalin 9 Jenis-Jenis Diving, Suguhkan Sensasi Menyelam Tersendiri!

Nah, biar gak salah sebutan, apalagi keliru perawatan, kamu perlu tahu dulu perbedaan kucing Anggora dan Persia. Keduanya bisa di kenali bahkan dari kebiasaan dan sifatnya, lho!

1. Tampilan wajah

Seperti manusia, kucing Anggora dan Persia dapat di kenali dari bentuk wajahnya. Kucing Persia memiliki brachycephaly, yang berarti wajah pendek dan datar dengan hidung rata dan kepala bulat, sementara kucing Anggora memiliki hidung lebih panjang dengan kepala baji halus.

Mata Persia besar dan bulat, dengan telinganya rendah dan dekat dengan kepala, tetapi mata Anggora besar dan berbentuk almond, dengan sedikit miring ke atas. Bentuk telinganya berdekatan, tegak, dan berumbai. Sangat jarang bagi anggora untuk memiliki warna mata yang berbeda.

2. Bentuk tubuh

Jika di perhatikan, kucing Anggora memiliki bentuk tubuh yang di kenal dengan sebutan ‘cobby’. Julukan ini di berikan, sebab tubuh kucing Persia cenderung berukuran sedang hingga besar, dan memiliki perawakan kekar serta padat.

Sementara itu, kucing Anggora cenderung memiliki tubuh berukuran sedang. Meski berat badannya serupa, perawakan kucing Anggora lebih kecil. Bentuk tulang pada kucing Anggora pun gak terlalu menonjol.

3. Kepribadian sosial

Perbedaan kucing Anggora dan Persia juga kelihatan dari segi kepribadiannya. Kucing Persia di anggap lebih mandiri, sementara kucing Anggora mudah menerima kehadiran manusia. Di lansir Hospital Veterinari Glories, kucing Anggora suka berinteraksi, tetapi bukan kontak fisik. 

Sementara, kucing Persia juga sama, meski lebih sering tampak bermuka masam. Namun, kucing Persia bisa ‘menuntut’ perhatian dan kasih sayang jika ia mau. Meski begitu, lebih baik membiarkan kucing Persia datang dengan sendirinya daripada memaksanya berinteraksi.

Baca Juga:Wisata dan Olahraga Air dengan Rafting di Magelang: Rekomendasi Tempat Rafting di Magelang buat Kamu Si Adrenalin JunkieSiapa Pengguna Rinnegan Jagoan Kamu? Inilah Urutan Pengguna Rinnegan dari yang Terlemah sampai Terkuat

4. Aktivitas

Jika di bandingkan, kucing Persia cenderung lebih mager daripada kucing Anggora. Si Persia cenderung lebih tenang, gak terlalu aktif, dan lebih menyukai sofa alih-alih melibatkan diri untuk bermain. Karena rendahnya aktivitas kucing Persia, kamu perlu memantau berat badannya dengan hati-hati. 

Sebaliknya, kucing Anggora cenderung banyak bergerak. Ia akan sangat suka jika kamu mengajaknya bermain. Di lansir Pets dari The Nest, Anggora cenderung mandiri, naluri berburunya terlatih, dan terus di asah dengan berlari melewati rumah atau mengejar mainan. Kucing Anggora juga menyukai tempat tinggi.

5. Perilaku dengan anak-anak

Coba tebak, di antara keduanya, mana yang lebih ramah dengan anak-anak atau hewan lain? Perbedaan kucing Anggora dan Persia dari karakteristiknya bisa terlihat, lho! Umumnya, kucing Persia lebih cenderung gak menolerir kehadiran anak-anak atau hewan lain di sekitar mereka. Karena kucing jenis ini cenderung membutuhkan ruang tenang.

Sementara itu, kucing Anggora lebih mungkin menerima kehadiran anak-anak atau hewan lain. Ia akan mudah berinteraksi dan bermain dengan manusia. Namun, terlepas dari ras dan karakteristiknya, anak-anak tetap harus di dampingi serta mempelajari cara merawat dan bermain dengan kucing yang baik dan benar.

6. Kesehatan dan penyakit

Sejatinya, setiap kucing ras rentan terhadap penyakit genetik tertentu. Namun, perbedaan kucing Anggora dan Persia dari jenis lainnya yakni keduanya berpotensi mengidap penyakit jantung. Gangguan kesehatan ini di kenal sebagai kardiomiopati hipertrofik yang menyebabkan penebalan otot jantung.

Selain itu, brachycephaly pada kucing Persia, di kaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan tertentu. Termasuk gangguan gagal ginjal, masalah pernapasan, hingga infeksi mata karena bentuknya lebih menonjol, melansir Animal Wised.

7. Bulu dan perawatan

Bulu Persia terkenal panjang dan lebat. Kucing jenis ini memiliki dua lapisan bulu, satu di atas dan satu di bawah. Mantel Persia datang dalam berbagai warna dan pola, dan terbagi menjadi dua tekstur: bulu merah atau hitam biasanya halus, sedangkan bulu biru dan krem lembut seperti kapas, sehingga membutuhkan perhatian ekstra.

Sebaliknya, Anggora memiliki bulu lebih pendek atau gak sepanjang Persia. Namun, tetap halus dan cenderung jarang menggumpal. Menyisirnya satu dua kali seminggu mungkin cukup, tak seperti Persia yang harus setiap hari. Meski begitu, kedua kucing ras ini  sama-sama akan kehilangan sebagian bulunya selama musim panas.

Jika membaca deskripsi di atas, perbedaan kucing Anggora dan Persia, ternyata cukup mencolok, ya? Kalau sudah tahu, bisakah kamu membedakan keduanya secara langsung?

0 Komentar