Bisa Banget Melakukan Berbagai Aktivitas Alam yang Seru: Wisata Gunung di Yogyakarta Terpopuler untuk Refreshing

Bisa Banget Melakukan Berbagai Aktivitas Alam yang Seru: Wisata Gunung di Yogyakarta Terpopuler untuk Refreshing
wisata gunung di yogyakarta: gunung ireng (jogjaspace.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Yogyakarta terkenal dengan budaya dan makanannya, tetapi wisata gunungnya harus di coba jika kamu suka bertualang.

Udara pegunungan yang sejuk, di tambah panorama alam yang menawan membuat gunung menjadi tempat wisata favorit para wisatawan. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di tempat wisata gunung ini. Berikut beberapa rekomendasi wisata gunung di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi.

1. Gunung Ireng

Gunung Ireng menjadi spot favorit melihat keindahan sunrise. Jika beruntung, kamu bisa melihat lautan kabut, pegunungan yang menawan, hutan-hutan, dan hamparan sawah. 

Baca Juga:Melihat Keindahan Alam Indonesia Ini Tidak ada di Negara Lain: Ini Spot Menyelam Terbaik di Indonesia yang Diakui DuniaMari Kita Jelajahi Keindahan Bawah Laut dan Dapatkan Manfaatnya: Inilah Manfaat Snorkeling yang Bisa Bikin Kamu Jatuh Cinta Lautan

Nama Gunung ireng ini berasal dari bebatuan hitam yang ada di puncak dan sedikitnya pepohonan di puncak, sehingga dari kejauhan akan terlihat berwarna hitam.

Wisata gunung yang satu ini berada di Ngrancahan, Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota, akses menuju ke sana pun mudah. Sedangkan, tiket masuknya hanya Rp. 3.000 per orang.

2. Gunung Turgo

Gunung Turgo masuk dalam Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) yang menjadi  habitat aneka hewan dan tanaman langka. Keindahan pemandangan dari gunung ini menjadi candu bagi wisatawan, karena bisa melihat dengan jelas keindahan Gunung Merapi.

Ada beberapa aktivitas populer di Gunung Turgo, seperti trekking, bersepeda, hingga ziarah. Lokasinya berada di Turgo, Purwobinangun, Sleman, Yogyakarta. Untuk tiket masuknya hanya Rp. 5.000 per orang. 

3. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran tingginya sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Spot ini jadi favoritnya para pencinta sunrise. Menariknya, wisata gunung ini menawarkan educational tourism, mulai dari membajak sawah, menanam padi, belajar membatik, hingga belajar kerajinan janur.

Terletak di Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Kamu bisa masuk ke wisata gunung ini dengan tarif Rp. 20 ribu.

4. Gunung Gentong

Gunung Gentong Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Ketinggian gunung ini adalah 520 meter di atas permukaan laut. Di sebut Gunung Gentong, karena ada gentong kecil yang unik di puncaknya. 

Baca Juga:Diving Menjadi Aktivitas yang Seru Selain Berselancar: Rekomendasi Lokasi Diving Terbaik di Bali, Biota Lautnya Bikin Gak Fokus!Kucing Kamu Anggora atau Persia? Kenalin Perbedaan Kucing Anggora dan Persia, Kenali Ciri-Cirinya

Selain itu, di puncaknya ada spot foto yang Instagramable dan sudah populer di media sosial. Kamu bisa berfoto dengan latar hutan yang lebat dan hijau. Untuk masuk ke Gunung Gentong, kamu hanya perlu membayar parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

5. Gunung Merapi

Kawasan Gunung Merapi menjadi destinasi pariwisata yang memiliki daya tarik tersendiri dan layak untuk dikunjungi. Salah satu daya tarik wisatanya adalah keberadaan Museum Gunung Merapi, cocok buat kamu yang tertarik mengetahui sejarah dan pengetahuan geologi Gunung Merapi. 

Selanjutnya, ada Lava Tour Merapi yang menjadi salah satu wisata pegunungan, yang akan mengajak kamu berpetualang menyusuri area sekitar Gunung Merapi. Ada banyak agen wisata yang membuka Lava Tour Merapi. Biasanya mereka menawarkan paket Lava Tour Merapi berupa berkeliling area bekas letusan Merapi lengkap dengan jeep dan pemandu wisata. 

6. Puncak Becici

Puncak Becici berlokasi di Gunungcilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Wisata gunung ini memiliki banyak spot yang Instagenic. Kamu bisa melakukan banyak hal di sini, seperti berswafoto, outbond, kemah, hiking, dan lain-lain.

Ada gardu pandang yang menjadi spot paling menarik untuk berfoto bagi wisatawan. Selain jalan kaki, kamu bisa merasakan sensasi berkeliling di Puncak Becici dengan jeep, lho. Untuk tiket masuknya hanya Rp10 ribu per orang. 

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata gunung di Yogyakarta. Jadi, gimana rencana liburan kamu nanti? Ingin ajak teman-teman atau keluarga? Selamat berlibur!

0 Komentar