Liburan Akan Menjadi Lebih Seru dan Anti Buru-Buru: Mengenal Slowcation, Tren Wisata yang Bakal Booming di Tahun 2024

Liburan Akan Menjadi Lebih Seru dan Anti Buru-Buru: Mengenal Slowcation, Tren Wisata yang Bakal Booming di Tahun 2024
slowcation: marketeers.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Salah satu tren liburan tahun 2024 adalah “slowcation”, yang berarti perjalanan yang lebih santai. Tren pariwisata ini memungkinkan pengunjung yang menginginkan ketenangan dan kedamaian dalam perjalanan mereka.

Apa Itu Slowcation?

Slowcation merupakan kombinasi dari dua kata yakni slow dan vacation. Hal ini mengacu pada konsep liburan yang lebih santai dan penuh kesadaran.

Dengan kata lain, ide liburan ini berbeda dengan kebiasaan perjalanan yang biasanya di lakukan dengan cepat. Karena slowcation mengutamakan pengalaman yang santai dan introspeksi, yang memungkinkan kita menikmati setiap momen perjalanan tanpa terburu-buru.

Baca Juga:Biar Healing Kamu Tidak Gitu-Gitu Saja: Ini Rekomendasi 6 Wisata Rafting di Malang, Memacu Adrenalin!Bisa Banget Melakukan Berbagai Aktivitas Alam yang Seru: Wisata Gunung di Yogyakarta Terpopuler untuk Refreshing

Manfaat slowcation

Konsep perjalanan ini memiliki beberapa manfaat bagi para slow-traveler. Merangkum dari Holidify, berikut ini ulasannya.

1. Mengurangi stres

Di tengah rutinitas harian yang padat, kondisi kesehatan mental seseorang pasti akan terancam. Namun, slowcation berarti perjalanan yang lebih santai dan tanpa jadwal.

Slowcation mengajak wisatawan untuk lebih meresapi keindahan sekitar, bersantai, dan tidak berpacu dengan waktu. Dengan begitu, kondisi pikiran pun akan lebih tenang dan dapat mengurangi stres.

2. Menemukan keseimbangan

Tren perjalanan ini membantu orang dalam budaya yang bergerak cepat menemukan keseimbangan antara kehidupan sehari-hari yang sibuk dan waktu yang tenang yang di perlukan untuk merelaksasi pikiran.

3. Menikmati pengalaman lokal

Dengan perjalanan yang lebih santai, slowcation memberikan peluang bagi wisatawan untuk meresapi budaya setempat secara lebih mendalam.

Jika terburu-buru, pengunjung dapat menghabiskan waktu di pasar lokal, berbicara dengan penduduk setempat, dan mempelajari tempat-tempat yang mungkin terlewatkan.

4. Menghemat biaya perjalanan

Konsep perjalanan yang lebih santai juga dapat membantu slow-traveler untuk menghemat budget dengan menggunakan tranportasi umum dan berjalan kaki.

Baca Juga:Melihat Keindahan Alam Indonesia Ini Tidak ada di Negara Lain: Ini Spot Menyelam Terbaik di Indonesia yang Diakui DuniaMari Kita Jelajahi Keindahan Bawah Laut dan Dapatkan Manfaatnya: Inilah Manfaat Snorkeling yang Bisa Bikin Kamu Jatuh Cinta Lautan

Dengan menikmati romantisme perjalanan lambat dan panjang, akan membuat wisatawan dapat lebih menghargai setiap pengalaman yang di lalui.

5. Mempromosikan ekowisata

Tidak hanya bermanfaat bagi manusianya, konsep perjalanan ini juga baik bagi lingkungan sekitar. Perjalanan dan pariwisata memang memengaruhi ekosistem, namun dengan memilih slowcation, kita turut membantu mengendalikan kerusakan lingkungan akibat emisi karbon.

Jadi, sudah ada rencana belum tahun 2024 mau liburan ke mana? Jangan lupa terapkan tren ini biar liburanmu makin santuy.

0 Komentar