5 Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami dan Mudah Dilakukan – Ketahui Apa yang Harus dan Tidak Boleh

alodokter.com
alodokter.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Sebetulnya cara menurunkan berat badan ini ada berbagai cara yang bisa di lakukan. Kamu bahkan bisa melakukannya dengan beberapa aturan alami, di antaranya makanan tinggi protein, rajin berolahraga, dan mencukupi waktu tidur.

Memiliki badan yang sehat memang menjadi impian banyak orang. Hal tersebut menjadi acuan kesehatan tubuh agar bisa terhindar dari berbagai penyakit. Namun, masih banyak orang yang menurunkan berat badan tanpa memperhatikan efeknya.

Perlu kamu ketahui bahwa naik turunnya berat badan seseorang bergantung kepada asupan kalori yang masuk ke tubuh dan banyaknya kalori yang terbakar di saat tubuh melakukan aktivitas. Berikut ini cara turunkan berat badan dengan mudah.

Baca Juga:Bikin Kamu Takut Berenang di Malam Hari, Awal Tahun Ditemani dengan Film Horror Night Swim – Sinopsisnya Bikin MerindingBisa Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke, Berikut 5 Manfaat Telur Setengah Matang yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Cara Turunkan Berat Badan

1. Mengonsumsi Protein Saat Sarapan

Di dalam Stdudi BMJ Journals mengatakan, protein bekerja dengan mengendalikan hormon nafsu makan. Asupan ini bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama karena meningkatkan hormon pemicu rasa kenyang, yaitu kolesistokinin, peptida YY, dan GLP-1.

2. Kurangi Gula dan Karbohidrat Olahan

Kamu bisa mengurangi asupan karbohidrat olahan dan gula. Hal ini karena, karbohidrat olahan tidak mengandung serat dan nutrisi penting lainnya. Selain itu juga, tubuh lebih mudah mencerna dan mengubah karbohidrat olahan menjadi glukosa sehingga membuat lebih cepat lapar. Sementara glukosa yang berlebih masuk ke aliran darah dan bisa memicu peningkatan kadar hormon insulin.

3. Perbanyak Asupan Serat

Asupan serat juga ternyata bisa meningkatkan rasa kenyang sehingga kamu tidak selalu ingin makan berlebihan. Hal ini bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat. Makanan dengan kaya akan serat yang bisa kamu konsumsi yaitu buah-buahan sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Rutin Berolahraga

Cara turunkan berat badan dengan mudah ini bisa kamu lakukan dengan rutin berolahraga. Mulailah dengan melakukan kegiatan fisik dalam intensitas ringan sampai sedang saja. Misalnya berjalan cepat selama 30 menit, bersepeda, atau berenang.

5. Tidur yang Cukup

Ternyata apabila kamu kurang tidur, maka bisa memperlambat proses perubahan kalori menjadi energi, proses ini bernama metabolisme. Di saat tidak berlangsung dengan optimal, tubuh akan menyimpan energi yang tidak terpakai sebagai lemak.

Tidak hanya itu, durasi tidur juga bisa memengaruhi kontrol hormon leptin dan ghrelin. Keduanya ini merupakan hormon pengatur nafsu makan. Apabila waktu tidur tidak sesuai dengan kebutuhan, kadar dua hormon tersebut akan mengalami peningkatan yang memicu naiknya berat badan.

***

0 Komentar