Cara Memasak Nasi yang Pulen Ala Jepang Menggunakan Panci dan Rice Cooker, Simak Langkahnya

Cara Membuat Nasi Pulen (Disway)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Simak cara memasak nasi yang pulen seperti halnya nasi ala orang Jepang.

Nasi merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Seperti halnya Indonesia, Jepang juga mengonsumsi nasi sebagai makanan utamanya. Namun di Jepang, beras yang di gunakan memiliki karakteristik yang berbeda sehingga menghasilkan nasi yang pulen.

Beras di Jepang memiliki karakteristik dengan bentuk biji yang pendek serta warnanya yang putih. Selain itu, mempunyai tekstur yang lebih kenyal dan lembut. Beras ini bernama beras sushi, japonica atau beras berbiji pendek.

Baca Juga:Cara Menghilangkan Jamur Pada Baju dengan Bahan yang Ada di Dapur, Solusi Murah Meriah untuk Bajumu yang BerjamurBaju Bintik-bintik Karena Jamur Emang Bikin Gak Pede, Apa Saja Penyebab Baju Menjadi Berjamur?

Untuk menikmatinya di Indonesia, biasanya restoran Jepang di Indonesia telah menyediakan nasi tersebut. Tak heran, banyak orang yang tertarik untuk membuatnya, terutama bagi yang sudah mencobanya. Cara membuatnya beragam, berikut langkahnya.

Cara Memasak Nasi yang Pulen

Langkah yang pertama dalam membuat nasi pulen menggunakan panci yaitu dengan menggunakan beras yang tepat. Kualitas beras yang bagus, maka akan berpengaruh pada hasil nasinya. Kemudian cuci beras hingga air cucian menjadi bening dan bersihkan dari segala kotorannya.

Lalu rendam beras dengan menggunakan air hangat selama 15-30 menit dengan tujuan agar teksturnya lebih lembut. Campur 1 sdm agar-agar bubuk instan dengan air hangat dan tambahkan ke dalam beras. Kemudian, masak beras dengan menggunakan panci yang di isi air dengan perbandingan 1:1,2 menggunakan api besar.

Setelah mendidih, gunakan api kecil selama 10-15 menit dan matikan api sambil didiamkan selama 10-15 menit. Buka penutup panci dan aduk setelah matang untuk mengeluarkan uap nasi.

Namun, bisa juga dengan menggunakan rice cooker. Cara memasak nasi yang pulen dengan menggunakan rice cooker yakni memakai beras Jepang dan air dengan perbandingan kira-kira 1:3. Lalu cuci beras dengan menggunakan air dingin, tiriskan dan sisihkan selama 30 menit.

Setelah itu, masukkan beras ke rice cooker dan tambahkan dengan air. Rendam beras selama 30 menit sampai satu jam dan nyalakan rice cooker. Jika sudah matang, matikan rice cooker lalu biarkan menutup terlebih dahulu selama 15 menit baru di buka untuk di aduk dengan sendok nasi.

0 Komentar