Rekomendasi 4 Tempat Wisata Bahari di Lombok yang Bikin Kamu Betah Pelesiran

tempat wisata bahari di Lombok: Gili Trawangan (tiket.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Lombok, salah satu pulau paling indah di Indonesia, memiliki banyak tempat wisata bahari yang memikat setiap wisatawan. Tempat-tempat ini patut di kunjungi, terutama jika kamu memiliki acara penting di hadapan kamu.

Wisata bahari di Lombok ini dapat kamu eksplorasi, mulai dari pantai berpasir putih hingga perairan lautnya yang jernih. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata bahari di Lombok yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga atau teman kesayangan.

1. Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika memiliki pesona alam yang menarik. Ini adalah salah satu pantai yang paling di sukai dan harus ada di daftar liburan kamu. Tekstur pasir pantai yang bersih dan halus mirip dengan buliran merica adalah daya tarik utamanya. Itu membedakannya dari pantai lain di Lombok.

Baca Juga:Suguhkan Pemandangan Cantik, Indah dan Suasana yang Romantis: Inilah 7 Fakta Cinque Terre, Lima Desa Berwarna di ItaliaWaduh! Acara Blue Dragon Music Awards di Thailand Batal, Dana Tiket Segera Dikembalikan

Salah satu daya tarik lain dari pantai ini adalah lokasinya dekat dengan sirkuit balap Mandalika. Akibatnya, banyak orang menyebutnya Pantai Kuta Mandalika, membedakannya dari Pantai Kuta di Bali.

Waktu perjalanan dari Kota Mataram ke sini memerlukan waktu kurang dari 2 jam. Sementara dari Bandara Internasional Lombok hanya sekitar 30 menit dengan jarak sekitar 13,2 kilometer.

Fasilitas di Pantai Kuta juga sangat lengkap, termasuk kawasan pejalan kaki indah sepanjang 1,4 km, Balai Penyelamatan dan Pariwisata (Balawista) modern, area parkir yang dapat menampung lebih dari 900 kendaraan, serta kawasan perbelanjaan Bazaar Mandalika, dan taman terbuka.

Tidak hanya menikmati keindahan pantai sambil bermain air atau berenang, masih banyak kegiatan seru lain yang dapat di lakukan saat berkunjung ke sini. Kamu bisa menyewa perahu untuk mengeksplorasi keindahan pantai dari sisi laut dan menikmati kuliner khas Lombok di warung-warung makan yang tersebar di sekitar pantai.

Pantai Kuta cocok untuk dikunjungi bersama seluruh keluarga. Keadaan alam yang nyaman dan fasilitas lengkap menjadikan lokasi ini aman bagi anak-anak untuk bermain di sekitar pantai.

Lokasi: Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak, yang masih berada di wilayah Lombok Tengah, adalah tempat yang jarang di kunjungi oleh banyak wisatawan. Meskipun demikian, garis pantainya yang panjang dan di kelilingi oleh bukit-bukit hijau memberikan keindahan yang luar biasa.

Baca Juga:WOW! Ada Oknum Penonton Asal Korea Terlihat Rusuh di GDA 2024, Ada Apakah Ini?Yuk Cari Tahu Kenpa Keyboard Kamu Mengetik Sendiri? Inilah 5 Penyebabnya yang Kamu Harus Ketahui

Tidak hanya panjang, garis pantainya yang melengkung seperti bulan sabit sepanjang satu kilometer, layaknya kebanyakan pantai di Pulau Sumba, membuat gelombang ombak di kawasan pantai ini tidak terlalu besar. Gak heran kalau sangat di gemari peselancar laut.

Perjalanan ke Pantai Kuta membutuhkan waktu kurang dari dua jam menggunakan kendaraan pribadi melalui jalur Desa Batu Jai, yang hampir sama. Pengunjung langsung di sambut dengan pemandangan pantai yang menakjubkan, terutama saat matahari terbenam.

Sekawanan kerbau di giring pulang bersama pengembalanya menyusuri pantai sebelum matahari terbenam, biasanya di sore hari ketika matahari tidak terlalu terik. Selain itu, tempat ini adalah tempat yang bagus untuk mencoba hal baru karena Anda dan pengunjung lainnya dapat mencoba berselancar di beberapa sekolah peselancar pemula yang telah di sediakan.

Namun, bagi kamu yang hanya ingin bersantai, kamu bisa menyewa kursi untuk berjemur atau menggunakan payung sambil duduk menikmati debur ombak. Kamu bisa memandangi lautan biru dan menyaksikan orang-orang yang menantang ombak.

Sedikit tips ketika berkunjung ke sini, yaitu lakukan berbagai aktivitas wisata hanya di bagian utara pantai saja. Sebab, di bagian selatan terdapat banyak perahu nelayan. Ini dilakukan agar tidak mengganggu aktivitas para warga sekaligus menjaga keamanan selama berlibur.

Selain itu, jika merasa satu hari saja tidak cukup untuk mengeksplorasi keindahan Pantai Selong Belanak, terdapat beberapa rekomendasi penginapan murah yang dekat dengan pantai. Beberapa di antaranya Selong Selo Resort & Residences, Sempiak Villas, dan Mango Lodge.

Lokasi: Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

3. Gili Trawangan

Gili Trawangan, salah satu pulau terbesar di wilayah barat laut Pulau Lombok, selalu menarik wisatawan dari dalam dan luar negara. Perjalanan dari Mataram membutuhkan waktu setidaknya dua jam, jika tidak lebih, karena harus menyeberang dengan kapal.

Meskipun memerlukan perjalanan cukup panjang, hal itu akan terbayar lunas dengan keindahan pemandangan pasir pantainya yang putih serta halus, kecantikan pantainya, udara bersih tanpa polusi, dan ombaknya yang menggema. Dengan bentang alamnya yang luar biasa, pulau ini menawarkan beragam aktivitas menarik, mulai dari snorkeling, bersepeda menjelajahi pulau, hingga menikmati kuliner atau bersantai di kafe dan bar pada malam hari.

Saat malam tiba, Gili Trawangan selalu menggelar pesta pinggir pantai dengan berbagai acara seru dari kelab malam sekitar Gili. Bahkan, sering kali ada penampilan tarian api (fire dance) oleh seorang penari profesional di tepi pantai.

Suasana malam yang meriah tanpa terasa pengap sedikit pun, memikat hati setiap orang yang memilih untuk menginap dan tinggal di sini beberapa hari. Jika kamu termasuk di antaranya, berikut beberapa rekomendasi penginapan murah yang dekat dengan Pulau Gili Trawangan, yaitu Gili T Resort, Pearl of Trawangan, dan Gili Trawangan Paradise.

Lokasi: Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

4. Tanjung Ringgit

Berpindah ke Lombok Timur, terdapat pantai yang terkenal dengan tebing tinggi yang mengelilingi area pantai dan laut di sekitarnya. Tebing tinggi ini termasuk jenis tebing karst. Saat melihatnya dari atas tebing, kamu dapat menyaksikan lanskap kepulauan indah.

Lokasinya yang berada di daerah timur membuat Tanjung Ringgit memerlukan waktu perjalanan sekitar 3 jam. Namun, jika di tempuh langsung dari Bandara Internasional Lombok, waktu perjalanan hanya sekitar 1 jam 30 menit dengan jarak sekitar 58 km.

Panorama pantai di sekitar Tanjung Ringgit yang masih alami dengan hamparan pasir putih halus membuat segala perjalanan yang panjang menjadi sepadan karena Tanjung Ringgit masih jarang di kunjungi oleh banyak orang. Di samping keindahan panorama dan pantainya yang luar biasa, terdapat juga objek wisata menarik lainnya yang tidak terlalu jauh, yaitu gua air tawar sebagai persembunyian tentara Jepang selama Perang Dunia II.

Berbeda dengan beberapa destinasi sebelumnya, Tanjung Ringgit tidak di sarankan untuk segala kegiatan air, termasuk berenang. Hal ini karena angin yang cukup kencang dan gelombang yang tinggi di daerah tersebut.

Namun, jangan bersedih, karena masih ada kegiatan menyenangkan yang dapat di lakukan di sini. Kami bisa berkemah di sekitar pantai, memancing ikan, dan berfoto ria karena terdapat banyak spot foto keren di sekitar area Tanjung Ringgit.

Lokasi: Desa Pamongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Lombok dengan segala keunikan dan keindahan alamnya mampu memberikan pengalaman liburan tak terlupakan bagi setiap orang yang datang mengunjunginya. Jadi, tantang dirimu untuk menjelajahi tempat wisata bahari Lombok, yuk!

0 Komentar