5 Kebiasaan Etika Dan Sopan Santun di Kehidupan Sehari-hari

5 Kebiasaan Etika Dan Sopan Santun di Kehidupan Sehari-hari
sumber : suara.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Saat ini tak di mungkiri banyak orang melupakan etika dan sopan santun. Apa saja etika dasar dan sopan santun yang sering di lupakan orang?Mengambil foto orang lain dan mempostingnya tanpa izin hanyalah segelintir sikap tidak sopan yang sering kita temui.

Padahal, etika dan sopan santun sangat penting untuk bisa memperlihatkan sifat, penghargaan, dan pandangan orang lain terhadap kita.

Pada dasarnya, sopan santun adalah bagaimana Anda membuat orang lain merasa nyaman. Sopan santun atau etika ini merujuk pada aturan sosial yang di sepakati bersama agar interaksi antar manusia terjaga dan tetap nyaman.

Baca Juga:Hasil Malaysia Open 2024 Ganda Campuran Lolos 16 BesarMengintip Layar Lebar Film Horor pada Tahun 2023

Pakar etika dan penulis Do It Right!, Valerie Sokoloski mengatakan bahwa aturan atau etika sopan santun ini bukan hanya soal bersikap sopan. Etika juga merujuk pada sikap ramah di setiap situasi berbeda.

Kebiasaan sopan santun di kehidupan sehari-hari

Bersikap sopan dan santun adalah hal baik yang harus dilakukan. Sikap-sikap ini perlu di biasakan untuk dilakukan sehari-hari.

Sebab, saat bersikap sopan sudah jadi kebiasaan, maka orang akan memandang Anda secara berbeda.

Mereka bisa lebih menghargai, menghormati, dan mungkin menyukai Anda. Memang siapa yang tidak suka dengan orang yang sopan dan baik?

Berikut ini beberapa kebiasaan beretika yang santun dan sopan. Bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Jangan posting foto orang tanpa izin

Berkumpul dengan teman, saudara, atau reuni dengan teman lama pasti ada melakukan sesi foto bersama. Beberapa mungkin mengambil swafoto sebagai bentuk melepas rindu dan suka cita.

Tapi ingat, jangan posting foto tersebut sembarangan. Terutama jika Anda tidak izin dulu dengan orang yang ada di foto tersebut. Melansir Reader’s Digest, apa yang menurut Anda menyenangkan justru mungkin memalukan buat orang lain.

Baca Juga:Tips Mengelola Pengeluaran Perjalanan Bisnis Secara BijakCara Setting Token Listrik Biar Tidak Bunyi, Simak Selengkapnya..

Anda tetap harus menghormati privasi mereka. Minta izin, dan jika mereka menolak jangan dipaksakan untuk memposting foto tersebut.

2. Lupakan ponsel saat kumpul-kumpul

Utamakan orang di depan Anda, lupakan sejenak orang yang Anda hubungi secara online. Artinya, jauhkan ponsel saat berkumpul dengan orang lain. Fokus pada orang di depan Anda, bukan orang di dalam ponsel Anda.

3. Hati-hati merekam video di tempat umum

Tren membuat vlog atau reels memang mengubah kesukaan orang. Semua tempat bisa jadi tempat ‘shooting’ a day in my life. Tapi, hati-hati saat merekam video, meminta izin ketika tidak sengaja merekam orang sekitar.

Jika tidak sempat meminta izin, cobalah memblur wajah mereka ketika video itu ditayangkan. Ingat, tidak semua orang senang tampil di layar kaca.

4. Ketuk pintu sebelum masuk ke ruangan

Ilustrasi. Salah satu etika dasar dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari adalah mengetuk pintu sebelum masuk ruangan. (iStock/SasinParaksa)Beberapa orang mungkin sudah melupakan sopan santun yang satu ini. Meskipun pintu terbuka, ketuklah daun pintu terlebih dahulu sebelum Anda masuk ke dalam ruangan.

Melansir Country Living, tidak ada orang yang senang dikejutkan dengan orang lain yang tiba-tiba masuk tanpa permisi. Jadi, ketuklah pintu sebelum Anda masuk ke ruangan orang lain.

0 Komentar