Langkah-langkah Mudah Cara Membuat Kimchi Sendiri di Rumah

Kimchi/ foto: www.maangchi.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TVKimchi adalah hidangan asal Korea yang terkenal karena rasa pedas, asam, dan kaya akan nutrisi. Dengan bahan-bahan sederhana dan beberapa langkah mudah, Anda dapat membuat kimchi sendiri di rumah. Berikut adalah panduan langkah demi langkahnya:

Bahan-bahan:

  1. Kubis Napa: 1 buah, potong kasar
  2. Daun Bawang: 1 batang, potong serong
  3. Wortel: 1 buah, potong serong
  4. Bawang Putih: 6 siung, cincang halus
  5. Jahe: 1 inci, parut halus
  6. Cabai Merah Kering: 3-4 buah (sesuai selera), cincang kasar
  7. Gula: 2 sendok makan
  8. Garam: 3 sendok makan
  9. Saeujeot (Udang Asin): 1 sendok makan (opsional)
  10. Gochugaru (Serbuk Cabai Korea): 2-3 sendok makan (sesuai selera)

Langkah-langkah:

  1. Siapkan Bahan:
    • Cuci bersih kubis napa, daun bawang, dan wortel. Potong kasar kubis napa, potong serong daun bawang dan wortel.
    • Cincang halus bawang putih, parut jahe, dan cincang kasar cabai merah kering.
  2. Rendam Kubis:
    • Letakkan potongan kubis napa dalam mangkuk besar. Taburkan 2 sendok makan garam dan diamkan selama 2-3 jam. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan tiriskan.
  3. Buat Bumbu:
    • Campurkan bawang putih, jahe, cabai merah kering, gula, garam, saeujeot (jika di gunakan), dan gochugaru dalam mangkuk besar. Aduk rata hingga bumbu tercampur baik.
  4. Campurkan Sayuran:
    • Tambahkan potongan daun bawang, wortel, dan kubis yang sudah direndam ke dalam bumbu. Aduk hingga sayuran terbalut rata dengan bumbu.
  5. Packing:
    • Letakkan campuran kimchi ke dalam toples atau wadah yang bersih. Tekan-tekan sedikit agar udara keluar dan cairan dari sayuran menghasilkan semacam kuah.
  6. Fermentasi:
    • Tutup rapat wadah kimchi dan biarkan di suhu ruangan selama 1-5 hari. Semakin lama fermentasinya, semakin asam dan beraroma kimchi tersebut.
  7. Simpan di Kulkas:
    • Setelah mencapai tingkat fermentasi yang di inginkan, simpan kimchi di dalam kulkas. Dinginkan selama minimal satu hari sebelum di sajikan.
  8. Sajikan dan Nikmati:
    • Kimchi dapat di sajikan sebagai lauk pendamping nasi, di jadikan bahan dasar sup, atau bahkan di masukkan ke dalam resep lain untuk menambah cita rasa unik.

Membuat kimchi sendiri di rumah tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan kontrol penuh terhadap bahan yang digunakan. Selamat mencoba membuat kimchi ala rumah!.***

0 Komentar