Pernahkah Saat Makan Timun Namun Terasa Pahit? Ternyata Ini Penjelasannya dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Saat Makan Timun Namun Terasa Pahit? Ternyata Ini Penjelasannya dan Cara Mengatasinya
Timun Terasa Pahit (Pixabay/ jabarekspres)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Timun atau mentimun, merupakan salah satu jenis sayuran yang biasa muncul dalam lalapan. Pasalnya, cita rasa dari timun akan terasa pas jika di tambah dengan lauk dan juga sambal. Tak heran jika banyak yang memilihnya sebagai lalapan. Namun pernahkah saat makan timun terasa pahit? Mengapa demikian?

Rasa Pahit pada Timun

Timun merupakan salah satu bahan nabati yang memiliki banyak manfaat. Banyak yang mengandalkannya untuk santapan hingga perawatan kulit. Dalam santapan, biasanya, timun akan mudah di temui pada lalapan, acar, salad dan lainnya.

Melansir dari Taste of Home, rasa pahit yang timbul dari mentimun memang akan sulit untuk di cerna. Rasa pahit tersebut timbul karena senyawa yang disebut cucurbitacin. Senyawa tersebut selalu ada pada timun hanya saja kadarnya dapat berubah.

Baca Juga:Cara Mengurangi Lingkaran Hitam, Salah Satunya dengan Menggunakan Timun! Simak CaranyaSebenarnya, Timun Termasuk Buah atau Sayur Sih? Ternyata Ini Jawabannya

Perubahan kadar tersebut bisa berdasarkan dari proses pertumbuhan sayuran tersebut. Semakin tinggi kadar cucurbitacin, maka akan semakin pahit rasa mentimunnya. Faktor lingkungan juga dapat berpengaruh yang membuat timun terasa pahit, yakni panas tinggi dan perubahan suhu yang konstan.

Misalnya saja ketika proses penyiraman, konon akan memiliki dampak yang besar. Jika air terlalu sedikit apalagi di tambah dengan musim kering atau kemarau, maka kadar senyawa pahit akan lebih tinggi. Maka ketahui cara menanamnya dengan benar.

Lalu, Harus Apa Jika Mendapatkan Timun yang Pahit?

Masih melansir dari Taste of Home, jika mendapatkan timun yang pahit yaitu dengan memotong kulitnya. Namun perlu di ketahui, hal itu tidak akan menghilangkan rasa sepenuhnya, tapi akan sedikit membantu untuk menghilangkan rasa pahit.

Cara lainnya yaitu bisa juga dengan memberinya garam agar dapat menyamaratakan rasanya. Selain hal tersebut, mungkin ada yang beranggapan jika timun pahit bisa menyebabkan keracunan. Namun dari Taste of Home, timun yang pahit konon tidak menyebabkan keracunan.

0 Komentar