Suka Bingung Gak Sih, Tomat Itu Termasuk Buah atau Sayur? Coba Cari Tahu Jawabannya Disini

Suka Bingung Gak Sih, Tomat Itu Termasuk Buah atau Sayur? Coba Cari Tahu Jawabannya Disini
Tomat Termasuk Buah atau Sayur? (Pixabay/ Jabar Ekspres)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Tomat merupakan salah satu bahan nabati yang biasa di olah menjadi berbagai bentuk makanan. Tak jarang, tomat juga biasa di konsumsi sendiri. Secara botani, tomat tergolong buah namun dalam dunia kuliner tergolong sebagai sayuran. Lalu, tomat termasuk dalam sayur atau buah?

Perbedaan Buah dan Sayur

Melansir dari Healthline, terdapat perbedaan di antara keduanya. Jika secara nutrisi, buah dan sayur mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Selain mengandung nutrisi tersebut, keduanya juga rendah natrium dan lemak.

Hanya saja, secara botani, keduannya di golongkan berdasarkan bagian tanaman mana keduanya berasal. Buah berkembang dari bunga suatu tumbuhan, sedangkan bagian tumbuhan lainnya tergolong sayur-sayuran. Kemudian, Buah-buahan mengandung biji, sedangkan sayur-sayuran dapat terdiri dari akar, batang, dan daun.

Baca Juga:Ketahui, Manfaat Sayur dan Buah dari Warnanya untuk Mendapatkan Gizi yang BeragamJangan Lewatkan Beragam Manfaat Bayam, Bisa Bikin Ototmu Kuat Seperti Popeye Loh!

Lalu dari segi kuliner, buah biasanya mengandung rasa manis atau asam sehingga biasa di gunakan dalam makanan penutup, jus maupun makanan ringan. Sementara untuk sayuran, rasanya lebih ringan atau gurih sehingga biasa di jadikan lauk atau sebagai hidangan utama.

Lalu, Tomat Termasuk Sayur atau Buah?

Secara botani, tomat termasuk buah-buahan. Untuk semua buah, biasanya memiliki satu biji atau banyak biji di dalamnya dan tumbuh dari bunga suatu tanaman. Layaknya buah lainnya, tomat terbentuk dari bunga kuning kecil pada pokoknya dan secara alami mengandung banyak biji. Benih-benih ini nantinya dapat dipanen dan digunakan untuk menghasilkan lebih banyak tanaman tomat.

Namun, tomat juga biasanya di guankan untuk mengolah berbagai olahan dengan rasa gurih sehingga kerap dikaitkan sebagai sayuran.  Faktanya, Mahkamah Agung AS memutuskan pada tahun 1893 bahwa tomat harus tergolong sebagai sayuran berdasarkan kegunaan kulinernya.

Hanya saja, bukanlah suatu hal yang aneh jika suatu tanaman tergolong dalam buah-buahan namun juga dianggap sebagai sayuran. Mengenai maksud dan tujuannya sama saja, bisa buah atau sayuran. Jika seseorang tersebut adalah petani, maka bisa jadi akan di anggap buah sementara jika seseorang tersebut adalah koki, maka bisa jadi di anggap sayur.

0 Komentar