Ketahui, Manfaat Sayur dan Buah dari Warnanya untuk Mendapatkan Gizi yang Beragam

Ketahui, Manfaat Sayur dan Buah dari Warnanya untuk Mendapatkan Gizi yang Beragam
Manfaat Sayur dan Buah dari Warnanya (Istimewa/ Radar Jabar)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Mengonsumsi sayuran dan buah merupakan hal yang penting. Pasalnya, kedua bahan makanan tersebut mengandung serat dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh. Agar bisa mendapatkan manfaatnya, kita di anjurkan untuk mengonsumsi sayur dan buah yang beraneka warna untuk gizi yang beragam. Lalu, apa saja manfaat sayur dan buah jika di lihat dari warnanya?

Manfaat

1. Warna Hijau

Warna hijau merupakan salah satu warna sayuran yang paling banyak di temui. Misalnya bayam, daun singkong, brokoli dan masih banyak lagi. Warna hijau rupanya mengandung zeaxanthin yang berguna untuk membantu mencegah kanker usus besar dan kesehatan mata.

Selain itu, berguna juga untuk membantu proses pembentukan sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia. Sementara pada buah-buahan dengan warna hijau seperti alpukat, anggur hijau dan lainnya berguna untuk mencegah kanker karena kandungan asam alegat.

2. Warna Merah

Baca Juga:Jangan Lewatkan Beragam Manfaat Bayam, Bisa Bikin Ototmu Kuat Seperti Popeye Loh!Rawat Elastisitas Kulitmu dengan Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Kolagen, Berikut Daftar Makanan yang Bisa Kamu Konsumsi

Sayuran dan buah-buahan berwarna merah seperti tomat, kol merah, anggur, blackberry dan lain-lain; memiliki manfaat yang baik berupa kandungan tinggi antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan dapat berguna untuk menurunkan kolestrol dan penyakit lainnya hingga menjadi penangkal radikal bebas.

3. Warna Biru atau Ungu

Jika di lihat dari warnanya, manfaat sayur dan buah untuk warna ungu atau biru yakni dapat mencegah kanker hingga menurunkan berbagai risiko penyakit lainnya seperti jantung dan stroke. Adapun contoh buah dan sayurannya yaitu ceri hitam, kol ungu, terong dan lain-lain.

4. Warna Oranye

Kandungan beta karoten pada buah dan sayuran berwarna oranye dapat berguna menjadi sumber vitamin A bagi tubuh. Selain itu, terdapat kandungan vitamin B yang bisa disebut juga sebagai folat dan berguna untuk ibu hamil. Contoh sayuran dan buah-buahan dengan warna oranye seperti wortel, jeruk dan lain-lain.

5. Warna Putih

Warna putih yang terkandung pada buah dan sayur, terdapat kandungan alicin yang berguna untuk mengontrol kolesterol dan tekanan darah, serta dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin C dan kalsium yang berguna untuk meningkatkan imun. Beberapa contoh buah dan sayurannya yaitu sawi putih, tauge, sirsak, dan lain-lain.

0 Komentar