Sayangi Kucingmu! Begini Tips Menjaga Kesehatan Kucing di Musim Hujan

Sumber: Blibli
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Musim hujan menjadi salah satu tantangan buat orang yang mempunyai kucing. Tenang! ini dia tips menjaga kesehatan kucing di musim hujan.

Kucing Kamu Harus Divaksin

Vaksinasi kucing secara rutin minimal setahun sekali efektif menjaga kesehatan kucing saat musim hujan tiba. Vaksin dapat melawan bakteri dan virus pada hewan secara efektif, dan Anda dapat melakukannya di klinik hewan terdekat. Jika kucing Anda tidak divaksin, biasanya ia akan mudah terserang penyakit akibat virus atau bakteri, apalagi jika kucing Anda merupakan kucing ras murni.

Berikan Kucing Banyak Air Minum

Ternyata banyak minum air putih saat musim hujan sangat penting bagi kucing untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Oleh karena itu, tidak hanya di musim panas, penting juga untuk menyediakan banyak air minum saat musim hujan, agar kucing Anda tidak mengalami dehidrasi.Selalu jaga kebersihan air minum kucing, jika minuman kucing kotor akan menimbulkan penyakit pada kucing!

Baca Juga:Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Laptop Lemot : Gak Bakal Bikin Emosi LagiTerjangkau! Inilah Rekomendasi Mouse Logitech Wireless Terbaik

Jaga Kebersihan Kandang Kucing Setiap Hari 

Bersihkan kandang secara rutin minimal sehari sekali, selalu periksa setiap sudutnya, lalu hilangkan debu atau bulu kucing, lap dengan air atau kain yang di semprot disinfektan.Selain itu, jangan biarkan kandang dalam keadaan basah dan bau! Para pecinta kucing juga harus rajin mengganti sandbox setiap harinya. Setelah di bersihkan, dapat diberikan disinfektan agar kandang lebih nyaman.

Berikan Kucing Makanan Tinggi Protein 

Kucing membutuhkan makanan kaya protein untuk kesehatannya. Saat musim hujan biasanya stamina kucing turun, sungguh menyedihkan. Oleh karena itu kesehatannya harus di periksa secara berkala. Memberikan makanan yang sehat dan tinggi protein dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing Anda, karena kucing ini membutuhkan banyak protein. Berikan makanan khusus pada kucing lalu Anda juga bisa menambahkan daging atau ikan pada kucing.

Jangan Melakukan Kontak Langsung Dengan Hewan atau Manusia yang Sakit

Mereka yang menderita pilek atau penyakit kulit sebaiknya menghindari kontak langsung dengan kucing, seperti memegang atau bermain dengannya. Bersabarlah pada awalnya. Masalahnya, kucing berisiko tertular meski kemungkinannya kecil. Namun banyak sekali penyakit akibat virus yang dapat menyerang manusia dan hewan, oleh karena itu ada baiknya penyakit anda di sembuhkan terlebih dahulu dan tetap menjaga kesehatan agar anda dapat merawat kucing kesayangan anda dan bermain dengannya secara normal.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan kucing ketika musim hujan.

0 Komentar