Mengupas Manfaat dari Minum Kunyit di Pagi Hari : Tanaman Rempah dengan Kandungan Kurkumin yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat Minum Kunyit di Pagi Hari (Istimewa/ Radar Jabar)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Kunyit adalah tanaman rempah-rempah yang memiliki warna kuning orange. Tanaman rempah ini biasanya di gunakan sebagai pemberi warna dan rasa yang khas pada masakan. Namun ada juga yang memanfaatkannya sebagai minuman yang bisa di minum kapanpun. Hanya saja, ada manfaat dari minum kunyit di pagi hari yang mungkin belum kamu tahu. Berikut selengkapnya.

Kandungan dalam Kunyit

Melansir dari Healthline, kunyit di ketahui memiliki kandungan kurkumin yang merupakan bahan aktif utama dalam kunyit. Kurkumin mempunyai banyak manfaat misalnya sebagai senyawa anti inflamasi alami. Berdasarkan hal tersebut, maka kurkumin berperan untuk membantu melawan peradangan dalam kondisi kesehatan.

Selain itu, kurkumin juga berguna sebagai antioksidan yang berguna untuk menetralisir radikal bebas karena struktur kimianya. Kemudian berguna juga untuk beberapa penyakit lainnya seperti menurunkan risiko penyakit jantung hingga untuk radang sendi.

Baca Juga:Tiga TPS di Benda Kerep Cirebon, Gunakan Tinta dari Sari KunyitUpdate Harga Emas Antam 19 Januari 2024 : Berbeda Seperti Kemarin, Hari Ini Harga Emas Alami Kenaikan

Manfaat Minum Kunyit di Pagi Hari

Melansir dari Times of India, minum kunyit bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Terutama jika di tambah dengan jahe. Adapun manfaatnya yakni sebagai anti inflamasi karena mengandung gingerol pada jahe dan kurkumin pada kunyit yang mengurangi peradangan di tubuh.

Kemudian berpengaruh pada kesehatan pencernaan karena mampu meningkatkan sekresi enzim pencernaan dan mengurangi rasa mual. Kunyit berguna untuk mendukung kesehatan pencernaan dengan menenangkan saluran pencernaan.

Lalu, kunyit dan jahe juga membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif serta mendukung sistem kekebalan tubuh. Respon kekebalan tubuh akan lebih kuat dan akan memberikan resistensi pada infeksi. Manfaat lainnya, mampu menurunkan kolestrol dan melancarkan pelebaran pembuluh darah sehingga dapat membantu untuk melindungi seseorang dari risiko penyakit jantung.

0 Komentar