Tiga TPS di Benda Kerep Cirebon, Gunakan Tinta dari Sari Kunyit

Tiga TPS di Benda Kerep Cirebon, Gunakan Tinta dari Sari Kunyit
Ilustrasi Tinta Kunyit di TPS Cirebon (Freepik/ Disway)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bagi yang sebelumnya pernah mengikuti Pemilihan Umum atau Pemilu, maka sudah tak asing dengan penggunaan tinta. Tinta pada Pemilu, di gunakan sebagai penanda jika seseorang telah melakukan pencoblosan. Namun berbeda halnya dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Cirebon, beberapa TPS di Cirebon kabarnya menggunakan tinta dari sari kunyit.

Melansir dari radarcirebon.com, Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Cirebon, memastikan penyediaan sari kunyit yang akan di gunakan. Tinta dari sari kunyit tersebut akan di gunakan untuk beberapa lokasi. Total ada tiga lokasi TPS yang akan menggunakannya.

Tiga lokasi yang di maksud berada di Kampung Benda Kerep, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Mengenai penggunaan tinta dari kunyit, rupanya telah di lakukan sejak lama, khususnya di Kampung Benda. Konon, penggunaan tinta dari kunyit di Kampung Benda, telah di lakukan sejak Pemilu tahun 1999.

Baca Juga:Update Harga Emas Antam 19 Januari 2024 : Berbeda Seperti Kemarin, Hari Ini Harga Emas Alami KenaikanBenarkah Aromaterapi Dapat Kelola Stres? Berikut Penjelasan dari Psikolog

Penggunaan Tinta Kunyit di Tiga TPS Cirebon

Dalam menggunakan kunyit yang menjadi pengganti tinta pada umumnya, tentu memiliki alasan di baliknya.

“Penggunaan tinta dari kunyit ini sebagai pengganti tinta yang biasa digunakan sebagai penanda warga telah mencoblos. Penggunaan kunyit ini sebagai bentuk kearifan lokal,” ungkap Mardeko, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon kepada radarcirebon.com, Kamis (18/1/2024).

“Ini berawal dari keengganan masyarakat di Kampung Benda untuk menggunakan tinta milik KPU usai mencoblos. Alasan yang dikemukakan jari yang sudah di celupkan di tinta akan menghalangi masuknya air wudhu. Hingga akhirnya di pilihlah tinta yang terbuat dari kunyit khusus untuk pemilih di Kampung Benda,” jelasnya.

Pihak KPU Kota Cirebon tetap akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait yakni Bawaslu hingga partai politik peserta Pemilu terkait penggunaan sari kunyit di Kampung Benda Kerep. Namun KPU akan tetap menyediakan tinta, sehingga akan ada tinta biasa dan tinta dari kunyit yang tersedia di TPS Cirebon, khususnya Kampung Benda Kerep.

0 Komentar