Metode Praktis untuk Memasak dan Stok di Rumah : Cara Membuat Kunyit Bubuk dengan Langkah yang Mudah

Cara Membuat Kunyit Bubuk (Disway)
0 Komentar

RADARCIREBON.TVKunyit merupakan rimpang yang biasa di gunakan untuk memasak karena dapat menghasilkan warna kuning. Hanya saja, kunyit dalam keadaan segar biasanya akan membuat tangan menjadi kuning dan cukup merepotkan saat mengupasnya. Untuk itu, ketahui cara membuat kunyit bubuk agar memudahkan dalam proses memasak.

Kunyit Bubuk Tahan Lama

Saat memasak terutama dalam jumlah yang besar, maka kunyit dalam bentuk bubuk akan memudahkan dan tidak perlu repot untuk mengupasnya. Hal ini bisa menjadi andalan karena dapat berguna unntuk memangkas waktu memasak agar lebih cepat.

Selain itu, menurut Alphafoodie, jika di simpan dalam bentuk bubuk, mempunyai ketahanan yang lebih lama di banding dalam kondisi segar. Ketahanannya, konon dapat mencapai hingga satu tahun sehingga terasa lebih praktis dan tentunya hemat karena bisa di buat sendiri di rumah.

Baca Juga:Selain Kunyit, Ada Beberapa Bahan Lainnya yang Bisa Dimanfaatkan Menjadi Pewarna Alami, Berikut ContohnyaMengupas Manfaat dari Minum Kunyit di Pagi Hari : Tanaman Rempah dengan Kandungan Kurkumin yang Baik untuk Kesehatan

Dalam membuatnya, bisa menggunakan berbagai metode. Namun untuk skala rumahan, bisa gunakan oven maupun pengeringan udara untuk bisa mengubah kunyit menjadi bentuk bubuk. Untuk itu, simak cara membuatnya berikut ini.

Cara Membuat Kunyit Bubuk

Melansir Alphafoodie, langkah pertama yang di lakukan yaitu bersihkan kunyit dan kupas dengan menggunakan sarung tangan. Setelah itu, iris dengan tipis agar mempercepat pengeringan. Susun irisan tersebut pada loyang yang telah di beri kertas roti.

Kemudian masukkan oven untuk di panggang dengan suhu 100ÂșC selama kurang lebih 2 jam. Cek dalam waktu 1,5 jam atau sesuaikan dengan tingkat ketebalan dari kunyit yang di iris. Cek juga kadar udaranya karena berpengaruh pada lama pemanggangan.

Jika dikeringkan dengan cara di jemur, maka bisa memakan waktu sampai 14 hari di rumah, tergantung dari kelembapan. Jika sudah melakukan metode pengeringan dan kunyit sudah kering dan renyah, maka ukurannya akan menyusut dan mudah untuk dipatahkan.

Lalu, haluskan kunyit tersebut dengan menggunakan mesin penggiling maupun food processor. Jika sudah, maka saring bubuknya agar bubuk yang di dapat bisa lebih halus lagi. Dari total jumlah 400 gram kunyit, kira-kira akan menghasilkan sekitar 50 gram bubuk kering.

Bubuk kunyit yang didapatkan, di simpan pada sebuah wadah kaca yang kedap udara. Simpan di tempat yang gelap dan kering. Dengan penyimpanan yang tepat, maka bisa di pakai dalam waktu yang lama. Demikian, itulah cara membuat kunyit bubuk.

0 Komentar