Selain Kunyit, Ada Beberapa Bahan Lainnya yang Bisa Dimanfaatkan Menjadi Pewarna Alami, Berikut Contohnya

Pewarna Alami (pixabay,stevepb)
0 Komentar

RADARCIREBON.TVPewarna alami biasa di gunakan untuk memberikan tampilan warna yang cantik untuk makanan maupun minuman. Agar dapat memberikan warna yang cantik, bisa di dapatkan dari bahan nabati berupa sayur-sayuran maupun buah-buahan.

Hal ini dapat menjadi alternatif lain yang bisa di gunakan jika ingin menghindari jenis pewarna sintetis. Walaupun tidak berbahaya jika di gunakan dalam dosis yang di anjurkan, namun tidak ada salahnya untuk menggunakan dari bahan alami.

Bahan-bahan yang di gunakan pun termasuk mudah untuk di dapatkan. Berikut ini, bahan yang bisa di gunakan untuk di olah menjadi bentuk pewarna yang akan mempercantik hidangan. Simak selengkapnya hingga akhir.

Baca Juga:Mengupas Manfaat dari Minum Kunyit di Pagi Hari : Tanaman Rempah dengan Kandungan Kurkumin yang Baik untuk KesehatanTiga TPS di Benda Kerep Cirebon, Gunakan Tinta dari Sari Kunyit

Pewarna Alami

KunyitKunyit merupakan tanaman rempah yang kerap di gunakan untuk memberikan warna pada makanan. Hasil warnanya yang kuning berkat senyawa alami bernama kurkumin, di manfaatkan untuk memberikan warna bagi nasi kuning dan makanan lainnya.

Daun Pandan – Mampu menghasilkan warna hijau, daun pandan kerap di gunakan untuk memberikan warna pada jajanan tradisional ataupun makanan lainnya. Selain mampu memberikan warna hijau, daun pandan juga mampu memberikan aroma yang khas dan wangi.

Daun Suji – Mirip seperti daun pandan, daun suji juga menghasilkan warna hijau. Hanya saja, daun suji lebih banyak di gunakan untuk memberikan warna pada makanan di banding dengan daun pandan.

Buah Bit – Jika menginginkan warna merah, maka bisa gunakan buah bit yang berasal dari betanin. Bisa di campur untuk beberapa makanan seperti kue atau mie.

Wortel – Warna jingga yang cantik dan nampak segar, bisa di dapatkan dari wortel. Gunakan wortel yang segar dan sebaiknya rebus dahulu agar tidak meninggalkan bau langu yang dapat ditimbulkan.

Selain pewarna alami yang telah disebutkan, bisa juga memanfaatkan bahan lainnya seperti daun bayam, bunga rosella, buah naga dan bahan-bahan lainnya.

0 Komentar