Ternyata ini Penyebab Kecemasan Berlebihan – Kenali Tipe-Tipenya yang Bisa Menganggu Kesehatan Kamu

(sumber: freepik)
(sumber: freepik)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Kita pasti akan merasa cemas ketika sedang menghadapi situasi yang menegangkan. Hal tersebut memang sangat normal, namun ketika kamu merasakan kecemasan yang berlebihan tanpa sebab, mungkin kamu mengalami gangguan kecemasan. Oleh karena itu kamu harus mengetahui penyebab kecemasan berlebihan.

Maka dari itu kamu harus mengetahui beberapa gejala kecemasan agar bisa segera di tangani. Jika rasa cemas yang normal akan berhenti dengan sendirinya karena pemicunya misalkan, saat menghadapi ujian tes, atau ketika ingin bertanding.

Sedangkan kecemasan yang berlebihan biasanya akan terus merasa cemas tanpa sebab yang jelas. Munculnya rasa cemas berlebihan ini sering kali di sebabkan oleh gangguan kecemasan. Jika tidak mendapatkan penanganan, maka penderita gangguan kecemasan akan sulit menjalani aktivitas sehari-hari. Tipe-tipe penyebab kecemasan berlebihan.

Baca Juga:Lebih Mudah Dibawa Kemana-mana, Berikut 5 Pilihan Tablet Android Terbaik yang Didominasi Oleh Samsung : Cek Harganya!Peson Alam yang Indah Hadir di Taman Nasional Komodo – Liburan Bersama Keluarga Lebih Menyenangkan

Penyebab Kecemasan Berlebihan

1. Gangguan Kecemasan Umum

Generalized anxiety disorder (GAD) atau gangguan kecemasan umum ini di tandai dengan perasaan cemas, khawatir, atau takut berlebihan, yang berlangsung setidaknya selama 6 bulan. Gangguan kecemasan umum ini bisa  merasa cemas kapan saja, bahkan tanpa ada faktor pemicu stres. Gejala yang bisa di rasakan:

  • Sulit berkonsentrasi
  • Susah Tidur
  • Khawatir berlebihan terhadap hal-hal kecil
  • Dada berdebar-debar
  • Keringat dingin
  • Mudah lelah
  • Mengalami gangguan pencernaan

2. Gangguan Panik

Penyebab yang lainnya, yaitu gangguan panik merupakan gangguan cemas yang di tandai dengan munculnya kecemasan berlebihan atau rasa takut yang sangat intens secara tiba-tiba. Serangan panik ini biasanya terjadi dalam beberapa menit. Di saat serangan panik tersebut muncul, maka para penderita kecemasan berlebihan ini akan merasa tidak berdaya.

3. Fobia

Berikutnya ada Fobia yang merupakan ketakutan berlebihan terhadap objek atau situasi tertentu, misalnya darah, laba-laba, kematian, ketinggian, atau ruangan sempit. Selanjutnya rasa takut yang di alami bisa membuat penderitanya menghindari objek atau situasi tersebut. Untuk orang yang mengalami fobia akan merasa cemas walau hanya memikirkan tentang hal tersebut.

4. Gangguan Kecemasan Sosial

Penyebab kecemasan berlebihan yang lainnya, yaitu kecemasan sosial di tandai oleh rasa cemas yang berlebihan terhadap kondisi sosial sehari-hari. Contohnya berbicara di depan orang banyak atau menyapa orang lain. Bagi para penderita gangguan kecemasan sosial atau social anxiety disorder ini akan menghindari interaksi sosial karena merasa takut di permalukan, di tolak, atau di nilai rendah.

5. Gangguan Stres Pascatrauma

Post-traumatic stress disorder (PTSD) atau gangguan stres pascatrauma juga merupakan gangguan kecemasan yang terjadi ketika seseorang mengalami peristiwa atau kejadian yang menyebabkan trauma psikologis berat, seperti kecelakaan, kekerasan seksual, atau bencana alam.

Bagi mereka yang mengalami kecemasan berlebihan dan sering mengingat peristiwa yang di alami, mengalami mimpi buruk yang menyebabkan gangguan tidur, serta muncul rasa takut yang terus-menerus.

***

0 Komentar