Ada Festival Merayakan Orang Mati? Ini Dia Festival Unik di Dunia yang Bisa Bikin Kamu Tercengang

Windzepher/Getty Images
Windzepher/Getty Images
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Acara festival ini menjadi salah satu kegiatan yang di rayakan oleh masyarakat dalam rangka merayakan sebuah acara atau tradisi. Ada banyak sekali berbagai aktivitas yang di lakukan saat festival berlangsung, mulai dari tarian, musik, pameran, hingga pertunjukan teater. Bahkan ada banyak juga festival unik di dunia yang bisa kamu ketahui.

Di dalam sebuah acara festival, berbagai kegiatan dan aktivitas di persiapkan dengan baik, sehingga para pengunjung bisa menikmatinya dengan nyaman dan puas. Maka dari itu, festival merupakan kegiatan yang sangat menarik untuk di kunjungi. Yuk, cari tahu beberapa festival unik di dunia.

Festival Unik di Dunia

1. Dia de Los Muertos, Meksiko

Festival pertama ini ada Dia de Los Muertos, di Meksiko yang lebih di kenal dengan “Hari Raya Orang Mati”. Perayaan ini merupakan acara tahunan yang di adakan di Meksiko dan beberapa negara Amerika Latin pada tanggal 1-2 November. Festival tersebut merupakan perayaan tradisional untuk menghormati dan merayakan kehidupan orang yang telah meninggal.

Baca Juga:Ada Pasar Sentan, Berikut ini 5 Pilihan Film Horor Terbaru 2024 : Dijamin Bikin Nyali Kamu CiutSesuatu yang Tidak Bisa Kamu Temukan di Samsung Galaxy S23! Ini Dia Perbedaan Samsung Galaxy S24 Ultra dan Samsung Galaxy S23 ultra

Saat festival ini berlangsung, orang Meksiko membuat altar atau ofrenda di rumah mereka dan memasang foto-foto orang yang telah meninggal, serta menempatkan bunga, makanan, dan minuman favorit mereka di altar tersebut. Tidak hanya itu, mereka pun memakai kostum dan topeng tengkorak atau calavera, dan melakukan parade ke makam keluarga mereka untuk memberi penghormatan.

2. Diwali, India

Kemudian ada Diwali merupakan festival penting di India yang di rayakan oleh umat Hindu, Jain, dan Sikh. Festival ini di kenal sebagai Festival Cahaya atau Festival Lampu. Diwali ini di rayakan pada bulan Oktober atau November setiap tahunnya selama lima hari.

Awal mulanya festival ini di mulai dengan Dhanteras, yang merupakan hari untuk membeli barang-barang baru dan memberikan hadiah kepada orang-orang terdekat. Untuk hari kedua di sebut Naraka Chaturdashi, merupakan hari ketika orang-orang mandi dan mempersembahkan doa untuk membersihkan diri mereka dari dosa.

Lalu di hari ketiganya adalah Amavasya di mana orang-orang menghias rumah mereka dengan lampu dan rangoli, dan berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Hari keempat adalah Govardhan Puja, yaitu merayakan kemenangan Lord Krishna atas raja kera yang jahat. Hari kelima adalah Bhai Dooj, di mana saudara laki-laki memberikan hadiah kepada saudara perempuan.

3. Obon, Jepang

Kita beralih ke Asia timur ada Obon yang merupakan festival unik asal Jepang. Obon merupakan salah satu festival tradisional yang di adakan untuk menghormati arwah leluhur. Festival ini di adakan selama tiga hari pada pertengahan bulan Agustus atau Juli di beberapa wilayah dan di anggap waktu ketika arwah leluhur kembali ke dunia orang hidup.

Festival unik di dunia ini, di mana orang Jepang akan melakukan berbagai kegiatan seperti menyalakan lilin di depan rumah mereka untuk memandu arwah leluhur mereka, mengunjungi makam keluarga untuk membersihkan dan memperbaiki makam, menari Bon Odori, dan memakan makanan tradisional seperti somen (mie dingin) dan dango (bola nasi manis).

4. Songkran, Thailand

Berikutnya Songkran yang merupakan festival asal Thailand dan di rayakan pada tanggal 13-15 April setiap tahunnya. Perayaan ini lebih di kenal sebagai “Festival Air” atau “Festival Semprotan Air”, karena tradisinya ini saling membasahi dengan air. Orang-orang Thailang menganggapnya sebagai waktu untuk membersihkan diri dari dosa-dosa masa lalu.

Baca Juga:Mulai Dari yang 1 Jutaan Hingga Puluhan Juta! Ini Dia 5 Daftar Hp Samsung Terbaru 2024 – Manakah Jagoan Kamu?Bermain Sambil Belajar dengan 5 Tempat Wisata Edukasi di Yogyakarta yang Paling Populer dan Edukatif

Aktivitas yang paling terkenal dari festival ini, yaitu perang air. Orang-orang mulai mempersiapkan ember, balon air, dan mesin semprotan air untuk membasahi orang lain di jalan.

***

0 Komentar