Kerupuk Melarat Khas Cirebon  

0 Komentar

Cirebon tak lepas dari makanan khasnya yang unik, seperti kerupuk mars atau yang biasa kita kenal dengan kerupuk melarat. Warga Cirebon pasti sudah tak asing dengan makanan tersebut, tapi apakah pemirsa tahu bagaimana sih cara membuat kerupuk warna warni tersebut, berikut liputannya.

Kerupuk melarat, yang terbuat dari tepung kanji, menjadi makanan khas Cirebon yang diolah secara tradisional. Menggunakan pasir untuk menyangrai dan resep bumbu yang dipakai secara turun temurun, membuat kerupuk yang terkenal dengan rasa manis dan wangi rempahnya itu menjadi makanan khas andalan dari Cirebon.

Salah satu desa penghasil kerupuk melarat, yakni Astapada Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon. Terdapat beberapa pabrik yang beroprasi, seperti pabrik Mars Ami yang sudah berdiri selama tiga generasi.

Baca Juga:Pemilu Akan Mempengaruhi Nasib Bangsa IndonesiaMengenal Tokoh Ki Gede Bungko

Dalam proses pembuatanya terdapat beberapa tahap. Tahap pertama, tepung kanji diuleni dengan air panas sampai kalis lalu dicetak memanjang tipis-tipis. Selanjutnya proses pengukusan selama 15 menit, dilanjut dengan proses penjemuran secara tiga tahap, setelah kering kerupuk diberi racikan bumbu rempah-rempah, lalu dilanjut tahap penjemuran terakhir sampai kering lalu dilanjut proses penyangraian dengan pasir.

Sementara, 1 kilogram kerupuk melarat ini dibandrol se-harga 40 ribu rupiah saja, pada bulan ramadhan penjualan kerupuk ini bisa menghabiskan 100 kilogram per hari. Kerupuk Mars Ami ini sudah didistribusikan ke beberapa tempat, seperti Pasar Kanoman, Alfamart, sampai yang terjauh yaitu ke Bandung

0 Komentar