Banyak Orang Belum Tahu Buah Ini ! Ternyata Ini Dia Manfaat Buah Kawista

Sumber: bukalapak
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Sudah tahu belum dengan buah kawista?. Oke jika belum, beirkut ini ada info beberapa manfaat buah kawista.

Buah kawista merupakan buah yang beraroma harum dengan rasa yang manis. Bentuknya bulat, bersisik, renyah, berwarna putih dan coklat. Buah ini banyak tumbuh di India Selatan dan Asia Tenggara. Tanaman Kawista dikenal sebagai tanaman yang tahan terhadap kondisi buruk dan penyakit.

Banyak orang yang hanya mengetahui bahwa sirup bisa di buat dari buah kiwi. Di Rembang misalnya, sirup banyak di buat dari buah ini. Karena budidayanya masih sedikit, hampir tidak ada yang mengetahui bahwa buah yang satu keluarga dengan buah jeruk ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga:Viral ! Inilah Manfaat Rosemary untuk Rambut : Simak YukJenis Olahraga Kardio Terbaik : Banyak Manfaat Untuk Tubuh

1. Melawan Radang Usus

Menurut penelitian yang di terbitkan dalam Indian Journal of Pharmacology, salah satu manfaat buah kawista adalah melindungi kita dari penyakit radang usus. Termasuk penyakit Crohn dan kolitis. Ekstrak buah kawista terbukti mampu mengurangi peradangan usus.

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Kulit pohon kawis mengandung umbellifer β-D-galactopyranoside (UFG). Menurut penelitian, senyawa ini mungkin efektif dalam menurunkan insulin plasma dan gula darah. Jadi, tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol gula darah, tapi juga bermanfaat untuk mengobati diabetes.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Kawi kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Sebab, mengandung senyawa nitrogen monoksida dan 1,1-difenil-2-pikrilhidrazil (DPPH). Namun perlu di ingat bahwa buah ini tidak menyembuhkan penyakit kanker. Antioksidan dalam buah ini hanya dapat membantu mengurangi risiko kanker.

4. Membantu Meredakan Diare dan Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menurut penelitian yang di publikasikan di BMC Complementary and Alternative, buah kawista mentah dapat membantu melawan diare akibat infeksi bakteri. Hal ini di karenakan buah kawista mentah memiliki sifat antibakteri. Selain itu, penelitian yang di muat dalam Jurnal Nutrisi dan Diet Indonesia menunjukkan bahwa ekstrak daun kawi dapat memberikan perlindungan antioksidan terhadap radiasi saluran cerna. Terutama bagi mereka yang menjalani terapi radiasi untuk penyakit kanker.

0 Komentar