Menghangatkan Tubuh Saat Hujan ! Inilah Manfaat Teh Jahe Untuk Anda

Sumber: bukalapak
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Musim hujan membuat tibuh kita kedinginan, untuk itu cocok untuk meminum teh jahe. Nah, berikut ini ada manfaat teh jahe.

1. Dapat membantu meringankan ketidaknyamanan pencernaan

Teh jahe mungkin paling dikenal karena kemampuannya meringankan masalah pencernaan dan terutama membantu meredakan mual. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa jahe mungkin sama efektifnya dengan beberapa obat, namun dengan efek samping yang lebih sedikit untuk mual di pagi hari.

2. Anti-inflamasi

Jahe mengandung fitonutrien utama yang di kenal sebagai gingerol, dan penelitian menunjukkan bahwa jahe memiliki efek antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mendukung mikrobioma yang sehat bila di konsumsi sebagai teh.

Baca Juga:Menyehatkan ! Inilah Manfaat Susu Kurma Yang Harus Kamu TahuPanas-panas Gini Enaknya Makan Semangka : Ketahuilah! Ini Dia Manfaat Semangka untuk Kesehatan

3. Dapat membantu mengurangi tekanan darah

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa mereka yang makan jahe setiap hari memiliki risiko hipertensi yang lebih rendah. Meskipun teh jahe tidak di bahas secara khusus dalam penelitian ini, meminum teh jahe mungkin bermanfaat untuk tekanan darah tinggi.

4. Dapat membantu penurunan berat badan

Beberapa penelitian telah di lakukan mengenai manfaat jahe dalam hal berat badan dan obesitas. Tinjauan penelitian ini menyoroti bahwa jahe mungkin memiliki efek menguntungkan terhadap obesitas melalui sejumlah mekanisme berbeda, termasuk mengatur nafsu makan dan meningkatkan termogenesis (produksi panas). Sekali lagi, penelitian ini tidak secara khusus membahas teh jahe, namun memasukkan teh jahe ke dalam makanan seimbang akan bermanfaat.

5. Meringankan sakit kepala dan migrain

Sudah banyak penelitian mengenai jahe dan obat pereda nyerinya, termasuk potensi manfaatnya bagi mereka yang berjuang melawan sakit kepala dan migrain. Oleh karena itu, meminum teh jahe juga dapat membantu mencegah dan meredakan sakit kepala.

6. Kaya antioksidan

Jahe kaya akan antioksidan dan telah terbukti memiliki efek anti-proliferasi pada sel tumor, terutama kanker pankreas dan usus besar – penggunaan teh jahe secara teratur dapat memberikan efek pencegahan.

Cara Membuat Teh Jahe

Bahan yang dibutuhkan:

  • Jahe seagar secukupnya
  • Madu
  • Lemon
  • Air matang

Cara membuatnya: 

  • Bersihkan dan potong jahe segar menjadi 1-2 bagian. Saya menggunakan jahe organik, jadi jahenya tidak perlu di kupas, cukup di sikat saja. Jika menggunakan jahe non-organik, kupas kulitnya.
  • Gunakan sekitar 1-2 irisan jahe per cangkir teh. Setelah di bersihkan, potong jahe atau haluskan dengan blender. Jika Anda ingin menambahkan sedikit lemon, buang kulitnya terlebih dahulu, karena akan membuat teh menjadi pahit.
  • Tambahkan air ke dalam panci kecil, lalu tambahkan jahe dan lemon ke dalam panci.
  • Kecilkan api dan masak selama lima menit. Jika ingin teh yang lebih kuat, Anda bisa mendiamkannya lebih lama.
  • Saring teh ke dalam cangkir dan tambahkan irisan tipis (atau dua) lemon segar ke setiap cangkir. Tambahkan madu secukupnya dan teh siap di minum.

Itu dia info tentang manfaat teh jahe.

0 Komentar