Inilah Daftar Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui yang Bisa Dikonsumsi Sehari-hari

Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui (medipointhospitalpune.in)
0 Komentar

RADARCIREBON.TVMakanan sehat untuk ibu menyusui dapat memengaruhi bagi tumbuh kembang anak. Maka, jika sedang dalam menyusui, konsumsi makanan yang baik dengan gizi yang seimbang perlu di perhatikan dengan benar.

Dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, dapat menggantikan nutrisi yang hilang dari ibu menyusui. Selain itu, terdapat penelitian jika kualitas ASI akan memengaruhi kecerdasan pada bayi. Salah satu kuncinya yakni ada pada makanan yang di konsumsi oleh ibu yang mana akan tersalur melalui ASI.

Ada kalanya ibu menyusui juga akan merasa mudah lapar sehingga perlu membutuhkan makanan untuk menggantinya. Namun sebaiknya, hindari makanan yang tinggi gula dan lemak karena dapat berisiko terhadap masalah kesehatan. Untuk itu, simak beberapa alternatif makanan yang dapat di konsumsi berikut ini.

Baca Juga:Apa Saja Jenis Makanan Sehat untuk Anak Sekolah? Simak Alternatif Pilihannya yang Bisa Dicoba9 Makanan Ini Bisa Menjadi Penurun Kadar Kolesterol, Dari Buah-buahan Hingga Beragam Jenis Ikan

Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Merangkum dari berbagai sumber, ada berbagai macam makanan yang bisa di konsumsi bagi ibu menyusui. Beberapa daftar makanan, di nilai dapat mengatasi rasa lapar dan tentunya akan memberikan nutrisi yang bagus. Berikut beberapa daftarnya.

1. Kacang-kacangan

Memiliki sumber protein dan nutrisi lainnya, kacang-kacangan bisa menjadi salah satu opsi untuk memenuhi nutrisi pada ibu menyusui. Sumber kacang-kacangan bisa di dapatkan dari kacang almond, mete, maupun kacang lainnya yang di sinyalir dapat meningkatkan kualitas produksi ASI.

2. Sayuran Hijau

Berbagai sayuran hijau seperti brokoli dan lainnya, dapat menjadi sumber nutrisi yang baik karena memiliki kandungan seperti kalsium serta berbagai vitamin. Nutrisi tersebut, mampu untuk mendukung pertumbuhan bayi hingga untuk meningkatkan imunitas.

3. Telur

Sumber makanan sehat untuk ibu menyusui selanjutnya yaitu telur. Telur dengan serangkaian kandungan didalamnya seperti protein, asam lemak esensial dan lainnya; menjadi makanan yang bagus untuk di konsumsi. Selain menyehatkan, telur juga mampu membuat kenyang.

4. Susu dan Olahannya

Susu bukan hanya sebagai sumber kalsium saja, namun juga mengandung berbagai vitamin, khususnya vitamin D. Selain susu, ada berbagai produk olahan lainnya yang juga mengandung nutrisi, misalnya yoghurt.

Dimana yoghurt memiliki nutrisi penting untuk perkembangan otak bayi dengan kandungannya berupa zinc. Selain zinc, yoghurt juga menjadi sumber probiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Baik kesehatan pencernaan pada sang ibu, maupun pada bayinya.

5. Buah-buahan

Buah-buahan seperti alpukat, memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan otak. Kandungan lemak tak jenuh di dalamnya, dapat berguna untuk meningkatkan aliran darah ke otak. Tak hanya itu, terdapat fitonutrien yang juga memiliki manfaat bagi kesehatan bayi.

Baca Juga:Ketahui! Makanan untuk Pengidap Batu Ginjal dengan Kandungan yang Rendah Oksalat, Simak DaftarnyaInilah Deretan Makanan Sehat yang Bernutrisi Bagi Anak untuk Penuhi Tumbuh Kembang Anak Secara Optimal

Jeruk dengan kandungan vitamin C juga berguna untuk menambah nutrisi bagi ibu menyusui. Tak hanya jeruk, ada buah lainnya seperti buah beri maupun buah anggur yang bisa menjadi alternatif pilihan buah lainnya.

6. Daging Sapi Tanpa Lemak

Jika menyukai daging, maka daging tanpa lemak dapat menjadi opsi selanjutnya untuk menjadi makanan sehat bagi ibu menyusui. Daging sapi tanpa lemak berguna untuk menambah energi karena mengandung zat besi atau zinc.

7. Daun Katuk

Sejak dulu, daun katuk dipercaya dapat menjadi makanan yang dapat meningkatkan kualitas ASI. Pasalnya, pada daun katuk, terkandung kandungan laktagogum dan prolaktin yang membuat daun katuk menjadi makanan bagi Ibu menyusui. 

Selain yang telah disebutkan, ibu menyusui juga bisa mengonsumi ikan, biji-bijian, olahan gandum dan lainnya.

0 Komentar