Jangan Lewatkan untuk Mencicipi Sederetan Makanan Khas dari Indonesia dengan Cita Rasa yang Lezat Saat Sedang Berlibur! Simak Daftar Makanan yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas dari Indonesia (Jabar Ekspres)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Jika senang wisata kuliner, maka jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas dari Indonesia. Pasalnya, jajaran kuliner yang tersedia di indonesia, memiliki keragaman jenis dengan rasa yang lezat.

Ada berbagai macam kuliner di Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah dengan cita rasanya yang khas. Apalagi, dengan adanya penambahan dari rempah-rempah, membuat kuliner Indonesia memiliki rasa lezat yang berbeda dengan jenis makanan lainnya.

Uniknya, karena kondisi geografis yang berbeda, maka setiap daerah akan memiliki ciri khasnya sendiri karena bergantung pada hasil buminya. Dengan demikian, setiap kuliner yang berasal dari tiap-tiap daerah akan memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri.

Baca Juga:8 Pilihan Makanan Tinggi Protein untuk Mendapatkan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh, Simak Daftarnya DisiniMau Punya Tambahan Uang dari Rumah? Intip Referensi Ide Jualan Makanan Berikut yang Bisa Jadi Peluang Cuan

Daftar Makanan Khas dari Indonesia

Berikut ini daftar makanan Indonesia yang perlu di ketahui. Apalagi jika ada yang berencana untuk wisata kuliner, maka daftar makanan ini mungkin bisa membantu dalam pencarian kuliner khas di tiap-tiap daerah. Simak daftarnya.

1. Rendang

Terbuat dari daging sapi dengan pilihan rempah yang beragam seperti lengkuas, jahe, serai, kunyit, bawang putih, bawang merah, dan berbagai jenis cabai; membuat rendang memiliki rasa yang kaya dan kompleks. Seiring berjalannya waktu, popularitasnya semakin meningkat hingga terkenal ke seluruh dunia.

Dalam kiprahnya sebagai salah satu kuliner Indonesia, rendang bahkan pernah di nobatkan sebagai makanan terlezat di dunia pada ajang “World’s 50 Most Delicious Foods” oleh CNN International pada tahun 2011.

2. Gudeg

Jika berkunjung ke Jogja, maka jangan lewatkan untuk mencicipi gudeg. Gudeg memiliki cita rasa yang manis dan terbuat dari nangka muda yang diolah dengan santan. Kerap di tambah dengan nasi, ayam kampung dan lauk pendamping lainnya.

Makanan khas Indonesia dari Jogja ini, bahkan tak hanya bisa di nikmati dari kota asalnya saja. Pasalnya, berbagai produsen gudeg telah berinovasi untuk menciptakan gudeg dalam bentuk siap saji yang di kemas dalam bentuk kaleng. Maka dengan inovasi tersebut, gudeg bisa menjadi buah tangan yang menarik untuk di bawa dari Jogja.

3. Pempek

Hidangan ini terkenal dengan adonan ikan dengan campuran tepung kanji serta beberapa bumbu. Tak lupa biasa di sajikan dengan menggunakan kuah cuka dengan rasa asam dan pedas yang membuat rasanya semakin nikmat.

Hidangan khas dari Palembang, Sumatera Selatan ini, memiliki beragam jenis. Ada pempek kapal selam yang di isi dengan telur ayam rebus, lalu pempek lenjer dengan bentuk yang panjang, kemudian ada pempek adaan, dan berbagai jenis lainnya.

Baca Juga:10 Ide Makanan Ringan yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah untuk Disantap Bersama Keluarga, Gak Perlu Jajan Lagi Deh!Intip Ide Makanan Bekal untuk Anak Agar Variasi Menu Lebih Beragam dan Tidak Membosankan!

4. Rawon

Saat berkunjung ke Jawa Timur, maka akan mudah di temui makanan bernama rawon dengan penampakan kuah yang berwarna hitam gelap. Kuah tersebut di buat dari kluwek dan di dalamnya terdapat potongan sapi yang lembut. Biasanya akan tersaji bersama nasi, tauge, telur asin dan lauk lainnya sebagai pelengkap.

5. Gulai Taboh

Makanan khas Indonesia yang berasal dari Lampung ini, konon telah di akui oleh UNESCO. Gulai taboh di sajikan dengan bumbu kuning bersantan yang berisi ikan, kacang panjang, kacang merah, rebung, kol, dan kentang. Memiliki rasa gurih dan pedas dengan rempah-rempah yang kaya.

6. Ayam Taliwang

Kuliner dari Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar ayam ini, di sajikan dengan cara di bakar menggunakan bumbu khas dengan rasa gurih dan pedas. Untuk pelengkapnya, bisa di sajikan dengan pelecing.

Selain makanan yang telah disebutkan di atas, ada juga makanan lainnya seperti papeda, soto banjar, otak-otak, mie gomak, rujak cingur, kerak telor, bika ambon, dan masih banyak lagi jenis kuliner lainnya.

0 Komentar