8 Pilihan Makanan Tinggi Protein untuk Mendapatkan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh, Simak Daftarnya Disini

8 Pilihan Makanan Tinggi Protein untuk Mendapatkan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh, Simak Daftarnya Disini
Makanan Protein Tinggi (Harvard Health Publishing)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Makanan dengan kandungan tinggi protein merupakan salah satu asupan penting bagi kesehatan. Pasalnya, protein memiliki peran yang penting dalam banyak aspek kesehatan. Selain itu, di butuhkan pula untuk memproduksi beberapa enzim penting, hormon dan vitamin.

Bukan hanya itu, namun protein juga mampu meningkatkan rasa kenyang dan perlindungan terhadap obesitas dan penyakit terkait obesitas. Maka pemenuhan protein merupakan hal yang penting untuk bisa di penuhi pada setiap harinya.

Protein bisa di dapatkan dari berbagai sumber dan bisa di temukan secara alami di hampir setiap sel pada tubuh manusia. Dengan bahan penyusunnya berupa asam amino. Mengenai kebutuhannya, manusia di sarankan memenuhi sekitar 10-35% kalori harian dari protein, berdasarkan pendapat para ahli di National Academies of Medicine.

Baca Juga:Mau Punya Tambahan Uang dari Rumah? Intip Referensi Ide Jualan Makanan Berikut yang Bisa Jadi Peluang Cuan10 Ide Makanan Ringan yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah untuk Disantap Bersama Keluarga, Gak Perlu Jajan Lagi Deh!

Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi

Merangkum dari berbagai sumber, ada berbagai jenis sumber pangan yang kaya protein. Baik itu berasal dari sumber hewani maupun nabati. Simak informasinya berikut ini untuk mengetahui sumber pangan dengan kandungan protein terbaik.

1. Salmon

Salah satu sumber protein yang bisa di dapatkan yakni bersumber dari sumber hewani, contohnya yaitu ikan salmon. Ikan salmon konon menyediakan nutrisi penting seperti asam lemak omega-3 yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Dalam 3 ons salmon, terdapat 22 gram protein dengan banyak vitamin B dan selenium.

2. Ayam

Selain salmon, ada sumber hewani lainnya yang mengandung protein tinggi. Dada ayam merupakan contoh lainnya yang juga menyediakan sumber protein tinggi. Selain protein, dada ayam juga kaya akan nutrisi penting lainnya seperti fosfor, vitamin B6, dan selenium.

3. Telur

Makanan dengan protein tinggi selanjutnya yakni telur. Telur dengan ukuran yang besar tidak hanya menyediakan lebih dari 6 gram protein, namun juga mengandung vitamin dan mineral seperti kolin, vitamin D, dan fosfor. Salah satu pilihan untuk menyantap telur yakni dengan cara di rebus karena mudah di bawa kemanapun dan bergizi.

4. Tempe

Produk kedelai fermentasi ini menyediakan 20 gram protein untuk setiap 3 ons tempe. Selain menjadi penyedia sumber protein, tempe juga merupakan sumber probiotik yang baik sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus. Selain itu, dapat bermanfaat juga untuk menstimulasi fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi kelelahan.

5. Kerang

Dalam kerang dengan kondisi matang, konon mengandung 21,8 gram protein untuk porsi 3 ons atau sekitar 85 gram. Selain protein, terdapat kandungan lemak sehat serta sejumlah vitamin dan mineral, termasuk selenium, seng, vitamin B12, dan zat besi. Namun tidak hanya kerang, udang juga termasuk dalam sumber protein yang sangat baik.

6. Biji Gandum

Biji gandum atau quinoa mengandung lebih dari 8 gram protein per cangkir yang dimasak dan dianggap sebagai protein lengkap. Selain itu, pada quinoa juga termasuk dalam sumber serat yang baik dan banyak mengandung nutrisi penting lainnya, salah satunya yaitu seng.

Baca Juga:Intip Ide Makanan Bekal untuk Anak Agar Variasi Menu Lebih Beragam dan Tidak Membosankan!Inilah Daftar Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui yang Bisa Dikonsumsi Sehari-hari

7. Kacang-kacangan

Makanan dengan kandungan protein tinggi selanjutnya yaitu kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kaya akan nutrisi seperti protein, folat, magnesium, dan vitamin E. Dengan kandungan proteinnya yang tinggi, konon dapat membantu untuk memberi rasa kenyang. Namun dalam bentuk olahan seperti selai kacang, juga mengandung protein dan kandungan nutrisi lainnya.

8. Daging Sapi

Daging sapi tanpa lemak, memiliki kandungan protein tinggi sebesar 24,6 gram untuk 3 ons daging sapi (85 gram). Selain protein, daging sapi tanpa lemak juga mengandung nutrisi lainnya seperti zat besi, seng, selenium, vitamin B12 dan vitamin B6. 

0 Komentar