8 Makanan Pedas untuk Camilan, Buatnya Mudah Bikin Mulut Jadi Huh Hah!

basreng
Ide Makanan Camilan dengan Rasa Pedas (Goorita)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Apakah kamu senang dengan camilan pedas? Jika ya, maka tak ada salahnya untuk membuat sendiri di rumah makanan berupa camilan dengan rasa yang pedas. Cocok untuk menemani saat menonton televisi maupun saat sedang bersantai.

Umumnya, makanan untuk camilan yang memiliki rasa pedas, bisa menggunakan bahan seperti kacang-kacangan, umbi-umbian, dan lainnya. Kemudian diberi bumbu-bumbu dengan rasa yang pedas. Untuk mendapatkan rasa pedas, bisa didapatkan dari cabai, lada, maupun bubuk paprika.

Namun ada beberapa makanan dalam bentuk camilan yang ditambah dengan saus tomat maupun cabai untuk memberi tambahan rasa pedas lebih banyak. Walaupun memiliki rasa yang pedas, namun makanan ini mampu membuat penikmatnya ketagihan karena memiliki sensasi rasa gurih dan pedas.

Baca Juga:Cobain Buat di Rumah! Inilah Macam-macam Makanan Pedas di Indonesia yang Menggugah Selera MakanBanyak yang Candu Dengannya! Ini Dia, Beragam Manfaat dari Makanan Pedas

Referensi Ide Olahan Makanan untuk Camilan dengan Rasa Pedas

Ada banyak ide olahan yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan yang mudah didapat. Berikut selengkapnya.

1. Seblak

Jajanan muda-mudi bernama seblak ini, mudah ditemui di berbagai daerah, terutama Jawa Barat. Cukup buat sendiri di rumah dengan menyiapkan kerupuk basah yang dibuat dengan bumbu yang berbahan utama kencur. Kemudian bisa beri telur, sayuran, bakso, sosis, bahkan keju mozarella. Jangan lupa untuk menambahkan sambal saat membuatnya agar lebih nikmat.

2. Basreng

Basreng atau bakso digoreng merupakan camilan yang juga banyak disukai karena memiliki tekstur garing dan renyah, dengan rasa yang pedas. Basreng dibuat dengan menggunakan bakso ikan yang diiris tipis lalu digoreng, kemudian diberi taburan bumbu pedas.

3. Makaroni Goreng

Jika biasanya makaroni diolah menjadi pasta, maka untuk membuatnya menjadi camilan dengan rasa gurih dan pedas, makaroni bisa diolah menjadi makaroni goreng pedas. Selain enak, makaroni goreng pedas juga bisa menjadi camilan yang murah meriah.

4. Keripik Singkong Balado

Singkong merupakan bahan pangan yang mudah untuk diolah menjadi camilan. Selain mudah dibuat, singkong juga mudah didapat. Untuk membuatnya, iris tipis singkong lalu rendam dalam larutan kapur sirih yang dicampur dengan garam. Diamkan, lalu cuci bersih dan digoreng. Jangan lupa tambahkan bumbu pedas.

5. Keripik Kaca

Selain jenis camilan diatas, ide camilan berikutnya yakni keripik kaca. Penamaan kaca untuk keripik ini, lantaran bentuknya yang sangat tipis seperti kaca. Terbuat dari tepung tapioka yang dimasak sampai berwarna transparan, lalu ditipiskan menggunakan roll. Jemur adonan yang telah ditipiskan lalu goreng.

6. Cireng Pedas

Olahan aci menjadi salah satu jenis favorit banyak orang, terutama anak muda. Dengan menggunakan tepung kanji, maka bisa disulap menjadi sebuah camilan nikmat bernama cireng atau aci digoreng. Agar lebih nikmat, beri isian seperti daging cincang, ayam suwir, sosis atau lainnya yang diberi bumbu pedas.

7. Tahu Mercon

Baca Juga:Jangan Salah! 5 Makanan Beraroma Menyengat Ini Rupanya Kaya Manfaat dengan Beragam Kandungan Nutrisi10 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Beragam, Mulai dari Wisata Alam Hingga Wisata yang Cocok untuk Anak

Seolah telah digambarkan melalui namanya, tahu mercon merupakan camilan dari tahu dengan rasa bak “mercon” karena memiliki rasa pedas. Mirip seperti tahu isi pada umumnya, hanya saja menggunakan bumbu pedas untuk campuran isiannya.

8. Keripik Bawang Pedas

Mengandalkan bumbu dapur berupa bawang, maka camilan berupa keripik goreng bawang pedas pun bisa dibuat. Untuk bahannya, gunakan terigu, tepung kanji, dan santan. Beri bumbu yang dibuat dari bawang merah dan putih, ketumbar, dan cabe kering. Campur semuanya, giling lalu potong sesuai bentuk, dan digoreng. Jangan lupa tambahkan bubuk cabe di atasnya.

 

 

0 Komentar