Cobain Buat di Rumah! Inilah Macam-macam Makanan Pedas di Indonesia yang Menggugah Selera Makan

Macam-macam Makanan Pedas
Macam-macam Makanan Pedas (Radar Jabar)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Makanan pedas Indonesia sangat beragam dengan cita rasanya yang khas. Macam-macam makanan pedas pun menjadi salah satu ciri yang khas bagi Indonesia dan ternyata banyak orang Indonesia yang menyukainya.

Tak dipungkiri, macam-macam makanan pedas yang ada di Indonesia mampu membuat candu atau ketagihan. Maka tak lengkap, jika makan belum dilengkapi dengan tambahan cabai atau sambal yang dapat membuat terciptanya sensasi rasa pedas saat sedang menyantap makanan.

Jika kamu adalah salah satu penggemar makanan pedas, maka tak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri macam-macam makanan pedas yang ada di Indonesia. Berikut, makanan Indonesia yang populer dan patut untuk kamu coba di rumah.

Baca Juga:Banyak yang Candu Dengannya! Ini Dia, Beragam Manfaat dari Makanan PedasJangan Salah! 5 Makanan Beraroma Menyengat Ini Rupanya Kaya Manfaat dengan Beragam Kandungan Nutrisi

Macam-macam Makanan Pedas Indonesia

1. Seblak

Bagi warga Jawa Barat, khususnya Bandung, pasti sudah tidak lagi dengan seblak. Makanan ini identik dengan rasa pedas yang terbuat dari bahan utama berupa kerupuk basah yang dimasak dengan menggunakan bumbu dengan cita rasa khas kencur dan ditambahkan dengan telur, ceker, sayuran dan topping lainnya.

2. Tahu Jeletot

Camilan berbahan dasar tahu ini, layaknya gorengan tahu isi pada umumnya. Hanya saja, isiannya menggunakan bumbu pedas, bahkan bisa juga ditambahkan dengan cabai utuh. Selain menghasilkan sensasi rasa pedas, bagian luarnya terasa garing dan renyah.

3. Dendeng Balado

Dendeng balado merupakan daging sapi yang diiris dan digoreng kering, lalu diberi bumbu balado. Bumbu tersebut dibuat dengan menggunakan cabai merah besar, bawang, dan garam. Sensasi rasa pedas dan garingnya dendeng balado, membuat selera makan jadi meningkat.

4. Rendang

Pecinta masakan Padang, pasti sudah tahu dengan makanan yang satu ini. Rendang mempunyai cita rasa yang pedas dan khas berkat tambahan cabai serta rempah-rempah lainnya. Rendang tak hanya populer di Indonesia, namun rendang juga pernah dinobatkan menjadi makanan terlezat di dunia pada ajang “World’s 50 Most Delicious Foods” oleh CNN International.

5. Sambal Krecek

Sambal krecek merupakan menu pendamping gedug dan juga menjadi lauk yang cocok untuk dimakan bersama nasi. Krecek memiliki tekstur yang kenyal, diolah menjadi pedas dalam bentuk sambal krecek, mampu menggugah selera makan bagi yang menyantapnya.

6. Ayam Rica-rica

Sajian makanan pedas berikutnya, datang dari Manado yaitu ayam rica-rica. Penamaan rica pada makanan ini, memiliki arti pedas yang diambil dari bahasa Manado. Ayam rica-rica dibuat dari bahan utama ayam yang dibumbui dengan cabai, daun jeruk, rempah-rempah hingga air jeruk nipis.

7. Ceker Mercon

Penamaan ceker mercon pada makanan ini, rupanya karena digambarkan jika makanan ini mempunyai rasa yang begitu pedas. Makanan ini terbuat dari ceker ayam yang direbus terlebih dahulu, kemudian dimasak dengan menggunakan bumbu pedas aromatik.

Baca Juga:10 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Beragam, Mulai dari Wisata Alam Hingga Wisata yang Cocok untuk AnakMengenal Lebih Banyak Mengenai Makanan Ultra Proses, Dampaknya Bagi Kesehatan dan Macam-macamnya

8. Ayam Taliwang

Sajian makanan khas Lombok ini, populer dengan rasa pedas dan segar. Ayam taliwang disajikan dengan menggunakan perpaduan dua jenis sambal dan biasanya menggunakan ayam kampung muda sehingga teksturnya lebih empuk.

9. Plecing Kangkung

Olahan sayuran khas Bali dan Lombok ini, dibuat dari kangkung yang direbus. Bisa juga ditambah dengan sayuran lainnya seperti tauge dan kacang panjang. Kemudian diberi sambal yang terbuat dari cabai rawit, garam, terasi, dan tomat. Terkadang bisa ditambahkan dengan tetesan jeruk limau dan kacang tanah goreng.

10. Ayam Geprek

Makanan yang kerap digemari kalangan muda ini, dihidangkan dengan cara melumatkan ayam goreng tepung hingga hancur dengan menggunakan sambal yang dicampur merata. Kemudian, bisa juga ditambah dengan lauk tambahan lainnya untuk menjadi pendamping menu makanan.

0 Komentar