Ketahui, 5 Makanan yang Menjadi Penyebab Naiknya Asam Lambung yang Sebaiknya Dihindari

junkfood
Makanan Penyebab Asam Lambung (Freepik)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kondisi naiknya asam lambung menjadi permasalahan bagi sebagian orang. Hal tersebut dapat dipicu dari makanan yang menjadi penyebab asam lambung sehingga dapat menimbulkannya naiknya asam lambung dan membuat penderitanya merasa tak nyaman.

Rasa tidak nyaman yang dirasakan meliputi rasa terbakar, kembung, dan bersendawa hampir setiap kali makan. Maka untuk menghindari ketidaknyamanan tersebut, penderitanya perlu menghindari makanan penyebab naiknya asam lambung.

Bisa dikatakan, jika penderitanya dapat melakukan diet makanan penyebab asam lambung agar dapat mengendalikan gejala refluks asam. Pasalnya, makanan memainkan salah satu peran penting, yang mengakibatkan pada terjadinya refluks asam.

Baca Juga:5 Makanan Penghilang Bau Badan untuk Mengatasi dengan Cara Alami, Bau Badan Bye-bye!Waduh! Ini Dia, 5 Jenis Makanan yang Menjadi Penyebab Timbulnya Bau Badan

Makanan Penyebab Naiknya Asam Lambung

Agar terhindar dari ketidaknyamanan pada perut, apalagi jika kondisinya sudah parah, maka hindari deretan makanan yang dapat mengakibatkan terjadinya refluks asam. Berikut daftarnya, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Makanan Pedas

Terdapat penelitian yang menunjukkan jika makanan pedas dapat menyebabkan sakit perut dan gejala terbakar, terutama jika memiliki gangguan fungsional saluran cerna. Pasalnya, capsaicin yang merupakan senyawa kimia yang membuat makanan terasa pedas, dapat mengiritasi bagian esofagus sehingga menyebabkan refluks asam.

2. Gorengan dan Makanan Tinggi Lemak

Panganan favorit banyak orang Indonesia yakni gorengan, rupanya menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan gejala refluks asam. Hal itu disebabkan karena gorengan mengandung tinggi lemak.

Namun ada juga beberapa makanan lainnya selain gorengan yang mengandung lemak dalam kadar yang tinggi. Maka untuk membantu mencegah terjadnya refluks, hal yang perlu dilakukan yakni dengan mengurangi asupan lemak total.

Ada beberapa daftar makanan berlemak tinggi yang perlu dihindari agar mencegah terjadinya refluks. Makanan tersebut diantaranya yakni kentang goreng, keripik kentang, mentega, keju, saus salad dengan krim tinggi lemak, potongan daging merah berlemak tinggi, makanan cepat saji, dan lain-lain.

3. Cokelat

Cokelat mengandung kokoa, lemak, kafein dan lain-lain yang dapat memicu terjadinya refluks. Maka, sebaiknya hindari jia tak ingin merasakan hal tersebut. Namun, jika terlalu kepingin untuk mencicipi cokelat, maka bisa konsumsi sedikit cokelat hitam karena risiko terjadinya refluks lebih rendah.

4. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan bahan pangan yang bagus untuk tubuh karena mengandung serat, mineral, dan vitamin. Namun, ada beberapa buah yang justru akan memperburuk dan menyebabkan terjadinya refluks. Misalnya saja nanas, jeruk, lemon, dan jenis buah-buahan asam lainnya.

Baca Juga:Catat! Inilah Daftar Pilihan Makanan Sehat untuk Penurun Asam LambungMengapa Makanan Pedas Bisa Membuat Ketagihan? Ternyata Ini Alasan Dibaliknya

5. Sayur-sayuran

Seperti halnya buah-buahan, asupan sayuran bagi tubuh amatlah penting karena bisa memberikan berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Dalam sayur-sayuran, banyak mengandung serat, vitamin, hingga mineral. Hanya saja, tak semua sayur-sayuran bagus bagi penderita sakit maag.

Beberapa jenis sayur-sayuran sebaiknya dihindari agar menghindari terjadinya refluks sehingga akan menurunkan risiko terjadinya ketidaknyamanan pada perut. Adapun contoh sayur-sayuran yang dimaksud yakni tomat hingga aneka bawang-bawangan.

 

0 Komentar