Waduh! Ini Dia, 5 Jenis Makanan yang Menjadi Penyebab Timbulnya Bau Badan

bawang
Makanan Penyebab Bau Badan (Healthy Food Guide)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Meskipun sudah mandi, namun tetap saja masih bau badan? Wah, bisa jadi, hal itu disebabkan karena mengonsumsi makanan yang menjadi penyebab bau badan. Hal tersebut, tentu akan menurunkan rasa percaya diri, bukan?

Masalah bau badan, memang bisa diatasi dengan menggunakan deodoran maupun parfum yang bisa membantu menyamarkan bau badan. Namun, hal tersebut tidak bisa menghindari penyebab bau badan, karena salah satu yang memungkinkan terjadinya hal tersebut yakni dari makanan.

Maka penting untuk mengontrol makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dengan cara menghindari makanan yang menyebabkan bau badan. Lalu, apa saja makanan penyebab bau badan? Untuk mengetahuinya, simak selengkapnya berikut ini.

Makanan Penyebab Bau Badan

1. Sayuran Allium

Baca Juga:Catat! Inilah Daftar Pilihan Makanan Sehat untuk Penurun Asam LambungMengapa Makanan Pedas Bisa Membuat Ketagihan? Ternyata Ini Alasan Dibaliknya

Allium merupakan genus bawang yang meliputi bermacam-macam tanaman yang biasanya tersedia di dapur. Bahan tersebut merupakan salah satu bumbu yang dipakai untuk mengolah makanan. Contohnya yakni bawang bombay, bawang putih, daun bawang, dan bawang merah. Hampir di setiap masakan, biasanya akan membutuhkan jenis bawang-bawangan tersebut.

Penggunannya dalam masakan, memang akan memberikan cita rasa yang berbeda. Selain itu, bawang-bawangan juga bermanfaat bagi tubuh karena dapat membantu seng dan zat besi agar terserap dengan baik. Namun di samping itu, bahan-bahan tersebut dapat berpengaruh pada aroma tubuh karena mengandung sulfur dengan kadar yang tinggi bahkan pada urin. 

2. Sayuran Kucifer

Jenis sayuran kucifer seperti sayuran hijau, kembal kol, dan masih banyak lagi, konon bisa memberikan perubahan pada bau badan. Hal tersebut lantaran terjadinya pelepasan senyawa belerang selama pencernaan. Walaupun demikian, kadar serat dan vitaminnya tinggi. Akan lebih baik jika dimasak dahulu daripada dimakan dalam kondisi mentah.

3. Rempah-rempahan

Berbagai masakan di Indonesia, hampir tak pernah lepas dari penggunaan rempah-rempah. Namun, rempah-rempah seperti jintan dan cabai rawit, konon dapat memicu produksi keringat menjadi lebih banyak banyak karena rasa pedas yang muncul pada makanan. Semakin banyak berkeringat, maka ada kemungkinan munculnya bau badan.

4. Daging Merah

Daging merah menjadi daftar berikutnya yang dinilai menjadi makanan penyebab bau badan. Walaupun alasan pastinya belum diketahui, namun ada sebuah penelitian ilmiah yang mengamati hubungan antara daging merah dan keringat. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa pemakan daging memiliki korelasi munculnya bau dibandingkan dengan yang tidak makan daging.

5. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran yang memiliki kesamaan dengan jenis bawang-bawangan karena dapat menciptakan bau badan hingga mempengaruhi bau pada urin. Konon, asparagus dianggap sebagai diuretik alami yang mendukung ginjal dan kandung kemih. 

Jika senyawa sulfur yang terkandung dalam asparagus dicerna, akan dipecah dan membuat urin berbau seperti asparagus. Terdapat penelitian yang menunjukkan jika dua bahan kimia alami yang ditemukan dalam asparagus, methanethiol dan S-methyl thioester, yang melalui proses pencernaan dapat memberikan bau asparagus belerang pada urin.

 

 

 

 

 

0 Komentar