Ternyata Ini, Gaya Pengasuhan Orang Tua yang Benar Agar Anak Tidak Mengalami Eggshell Parenting

Photo by Brett Sayles/ www.pexels.com/
Ilustrasi: Photo by Brett Sayles/ www.pexels.com/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Eggshell parenting adalah istilah yang viral di TikTok untuk menggambarkan gaya pengasuhan orang tua yang membuat anak merasa bersalah dan bertanggung jawab atas emosi orang tua. Orang tua yang melakukan eggshell parenting biasanya memiliki masalah kesehatan jiwa, seperti depresi, trauma, atau gangguan kepribadian.

Pola asuh ini dapat membahayakan kesehatan mental anak, membuat anak mengembangkan hypervigilance, yaitu kewaspadaan berlebihan terhadap potensi ancaman di sekitarnya.

 

Untuk mencegah anak mengalami eggshell parenting, orang tua harus menerapkan gaya pengasuhan yang benar, yang didasarkan pada cinta, rasa hormat, dan komunikasi yang baik.

Baca Juga:VIRAL di TikTok, Eggshell Parenting Sangat Berdampak Pada Anak Loh!Tips Cepat Dapat Pekerjaan: Panduan Praktis untuk Sukses di Dunia Kerja

Berdasarkan teori Diana Baumrind, seorang psikolog, ada empat jenis gaya pengasuhan, yaitu otoriter, permisif, tidak peduli, dan demokratis. Dari keempat jenis tersebut, gaya pengasuhan demokratis adalah yang paling disarankan, karena dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan anak.

 

Gaya pengasuhan demokratis adalah gaya pengasuhan yang menyeimbangkan antara kemandirian dan batasan.

Orang tua yang menerapkan gaya pengasuhan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

 

– Menjalin hubungan hangat dan positif dengan anak

– Menanamkan aturan dan ekspektasi yang harus ditaati anak dengan memberikan alasan yang jelas di baliknya

– Mendengarkan opini anak dan menghormati perasaan

– Tidak mendisiplinkan anak dengan hukuman tapi mengarahkan anak untuk belajar dari kesalahan

 

Dengan gaya pengasuhan demokratis, anak akan merasa dihargai, didukung, dan dipercaya oleh orang tua. Anak juga akan belajar untuk mengambil keputusan, menyelesaikan masalah, dan mengendalikan emosi.

Anak yang dibesarkan dengan gaya pengasuhan demokratis akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

 

– Memelihara hubungan positif dengan orang tua

– Anak cenderung bertanggung jawab

– Punya kepercayaan diri yang tinggi

– Mampu mengelola agresi

Baca Juga:Begini Cara Menghadapi Kegagalan dalam Wawancara Kerja: Belajar dari Kesalahan6 Sikap yang Penting Saat Wawancara Kerja: Kunci Sukses Meraih Pekerjaan Impian

– Anak cenderung bahagia dan sukses serta dapat berprestasi baik secara akademis maupun sosial

– Mampu mengungkapkan pendapat dan perasaan mereka

 

Selain menerapkan gaya pengasuhan demokratis, orang tua yang melakukan eggshell parenting juga harus mencari bantuan profesional untuk menyelesaikan masalah kesehatan jiwa mereka.

Orang tua harus menyadari bahwa pola asuh mereka tidak sehat dan berbahaya bagi anak. Orang tua juga harus meminta maaf kepada anak, dan berusaha memperbaiki hubungan mereka dengan anak.

 

Gaya pengasuhan orang tua sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental anak. Oleh karena itu, orang tua harus memilih gaya pengasuhan yang benar, yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak dengan sehat. Gaya pengasuhan demokratis adalah salah satu gaya pengasuhan yang dapat mencegah anak mengalami eggshell parenting.***

0 Komentar