Bisa Membersihkan Karat Hingga Jadi Masker, Inilah Macam-macam Kegunaan Kentang Selain Diolah Menjadi Makanan

Kegunaan Kentang
Kegunaan Kentang (Christos Giakkas-Pixabay)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kentang yang dikenal sebagai salah satu jenis umbi-umbian merupakan salah satu bahan yang bisa diolah menjadi makanan. Namun selain bisa diolah menjadi makanan, kegunaan lainnya dari kentang yakni dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Dari segi makanan, kentang bisa diolah menjadi berbagai bentuk makanan dengan rasa yang lezat, baik dalam bentuk camilan maupun makanan berat. Maka kegunaan kentang untuk olahan makanan dapat menjadi salah satu solusi praktis karena bisa ‘disulap’ menjadi berbagai bentuk makanan.

Adapun beberapa contoh makanan yang bisa dibuat dari kentang misalnya mashed potato, sambal goreng kentang, donat kentang, cimol kentang, kroket kentang hingga kentang mustofa. Disamping menjadi berbagai olahan makanan, kentang memiliki kegunaan lain sebagai berikut.

Baca Juga:Mengeksplorasi Ide Olahan Makanan dari Kentang: Mulai dari Makanan Berat Hingga CamilanKetahui, 5 Makanan yang Menjadi Penyebab Naiknya Asam Lambung yang Sebaiknya Dihindari

Macam-macam Kegunaan Kentang

1. Membersihkan Karat

Jika peralatan dapur ada yang sudah berkarat, jangan buru-buru dibuang. Pasalnya, kentang dapat digunakan untuk membersihkan peralatan dapur yang berkarat. Misalnya pada wajan atau pisau dapur. Kandungan asam oksalat pada kentang, disinyalir dapat membuat peralatan kembali bersih.

Caranya yaitu bagi kentang menjadi dua bagian lalu celupkan kentang tersebut pada sabun cuci piring atau soda kue. Gosok secara perlahan pada bagian yang berkarat. Bersihkan hingga karat hilang dan bilas.

2. Membersihkan Noda

Selain dapat membersihkan karat, kentang juga bisa dipakai untuk membersihkan noda, termasuk pada bahan kain yang berwarna putih. Caranya yakni tempelkan kentang pada area yang ingin dibersihkan hingga noda terangkat.

3. Membersihkan Kaca

Kentang juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kaca jendela yang bernoda dengan cara menggosokkannya pada bagian kaca yang ingin dibersihkan. Kemudian, lap bagian yang sudah dibersihkan dengan menggunakan kain bersih.

4. Menyuburkan Tanaman

Jangan buru-buru buang kulit kentang setelah bagian umbinya digunakan. Pasalnya, kulit kentang dapat dimanfaatkan sebagai campuran pupuk kompos karena terdapat kandungan zat besi, nitrogen, kalium, dan fosfor yang berkhasiat bagi tanaman.

Untuk menggunakannya sebagai pupuk, caranya yaitu campurkan kulit kentang dengan bahan-bahan kompos lainnya. Kemudian diamkan sampai terbentuk menjadi pupuk kompos. Dengan begitu, pupuk kompos dengan campuran kulit kentang bisa digunakan.

5. Bermanfaat Bagi Kecantikan

Pemanfaatan bagian kulit kentang rupanya masih berlanjut. Kini, kulit kentang dimanfaatkan untuk segi kecantikan. Salah satunya yakni untuk kulit. Pada kulit, berguna untuk mencerahkan bintik hitam karena mengandung senyawa antibakteri, fenolik, dan antioksidan. 

Baca Juga:5 Makanan Penghilang Bau Badan untuk Mengatasi dengan Cara Alami, Bau Badan Bye-bye!Waduh! Ini Dia, 5 Jenis Makanan yang Menjadi Penyebab Timbulnya Bau Badan

Sementara untuk rambut, kulit kentang konon dapat membantu untuk mengembalikan warna rambut yang sudah memutih. Bahkan, berdasarkan info yang diketahui, kulit kentang juga dapat membuat rambut nampak berkilau serta membuat rambut menjadi tumbuh lebih cepat.

0 Komentar