Mengeksplorasi Ide Olahan Makanan dari Kentang: Mulai dari Makanan Berat Hingga Camilan

kentang-goreng
Olahan Makanan dari Kentang (Freepik/topntp26)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kentang merupakan salah satu dari jenis umbi-umbian yang dapat dibuat menjadi bentuk olahan makanan. Kentang juga merupakan makanan pokok karena mengandung karbohidrat dan bisa menjadi pengganti dari nasi.

Selain mengandung karbohidrat, kentang mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin dari A, B-kompleks, hingga C, hingga asam folat. Juga mineral, protein, karbohidrat, karotenoid, dan polifenol. Dengan rasanya yang khas, Berbagai olahan makanan dari kentang pun kini telah beragam.

Salah satu contoh olahan makanan dari kentang yang paling sering dibuat yakni kentang goreng. Makanan tersebut, mudah ditemui di restoran cepat saji hingga dalam bentuk frozen food. Namun, tidak hanya sekedar kentang goreng saja, kentang juga bisa diolah menjadi sebuah olahan untuk lauk pendamping nasi.

Baca Juga:Ketahui, 5 Makanan yang Menjadi Penyebab Naiknya Asam Lambung yang Sebaiknya Dihindari5 Makanan Penghilang Bau Badan untuk Mengatasi dengan Cara Alami, Bau Badan Bye-bye!

Ide Olahan Makanan dari Kentang

Kentang bisa diolah menjadi berbagai bentuk makanan, salah satunya yakni kentang goreng. Camilan tersebut, cocok untuk disantap saat bersantai bahkan saat menonton film. Tak perlu repot membelinya, karena kentang goreng bisa dibuat sendiri di rumah.

Selain kentang goreng, kentang bisa diolah menjadi berbagai bentuk makanan lainnya. Bisa menjadi bentuk camilan maupun bentuk lauk yang cocok dimakan dengan nasi hangat. Berikut, beberapa ide olahan yang bisa dibuat dengan menggunakan kentang.

Kentang mustofa – Kentang mustofa merupakan olahan kentang yang diiris tipis dan digoreng kering, kemudian diberi bumbu serta tambahan ikan teri untuk menambah rasa nikmat. Makanan ini biasa disajikan sebagai bentuk lauk untuk nasi putih.

Mashed potato – Mashed potato adalah hidangan yang terbuat dari kentang yang direbus, kemudian dihancurkan dan ditambahkan dengan bahan lainnya. Makanan ini bisa menjadi salah satu alternatif pengganti nasi karena mengandung karbohidrat yang dapat membuat kenyang.

Perkedel kentang – Salah satu lauk makanan yang praktis untuk dibuat di rumah yakni perkedel kentang. Agar lenih enak, bisa dikreasikan dengan bahan lainnya seperti daging giling maupun kornet.

Sambal goreng kentang – Hidangan berat lainnya yakni sambal goreng kentang yang menjadi salah satu menu atau lauk yang cukup populer di Indonesia. Biasanya, sambal goreng kentang akan ditambahkan ke dalam nasi kuning atau nasi uduk.

Sayur sop – Sayur sop merupakan menu lainna yang biasanya disantap dengan nasi. Isiannya pun beragam, ada ayam, wortel, buncis hingga kentang. Menu ini dapat menjadi pilihan yang pas untuk dikonsumsi, terutama ketika sedang sakit.

Baca Juga:Waduh! Ini Dia, 5 Jenis Makanan yang Menjadi Penyebab Timbulnya Bau BadanCatat! Inilah Daftar Pilihan Makanan Sehat untuk Penurun Asam Lambung

Kroket kentang – Kroket merupakan makanan yang berasal dari Perancis yang bernama ‘croquette’. Seiring berjalannya waktu, makanan ini menyebar ke berbagai negara, salah satunya Indonesia. Di Indonesia, kroket menjadi salah satu camilan yang kerap dijajakan di kalangan jajanan pasar hingga toko kue.

Donat kentang – Seperti halnya donat pada umumnya, donat kentang mempunyai bentuk seperti cincin atau bundar. Namun berbeda dengan donat lainnya, donat kentang menggunakan tambahan kentang yang dihaluskan sehingga menghasilkan tekstur yang lembut.

Cimol kentang – Jajanan dengan tekstur kenyal yang populer di Bandung ini, menjadi ide olahan lainnya yang bisa menggunakan bahan dari kentang. Seperti halnya cimol pada umumnya, cimol kentang dibuat dengan menggunakan tepung kanji namun dengan tambahan kentang kukus yang dihaluskan.

0 Komentar