Hindari Macam-macam Makanan yang Menjadi Penyebab Gigi Kuning, Cari Tahu Ada Apa Saja!

blackberry
Makanan Penyebab Gigi Kuning (Freepik)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Penyebab terjadinya gigi kuning, rupanya bisa berasal dari makanan. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang dapat meninggalkan noda pada gigi sehingga membuat gigi nampak kuning. Hal tersebut tentunya dapat meninggalkan kesan yang dapat membuat hilangnya kepercayaan diri.

Terjadinya gigi kuning karena terdapat alasan yang mendasarinya. Melansir Healthline, tanpa disadari seiring berjalannya waktu, makanan dengan pigmen gelap dan kandungan asam tinggi, membuat terjadinya perubahan warna pada gigi.

Kilau gigi pun nampak berubah sehingga untuk mencegahnya, seseorang perlu memperhatikan makanan apa yang akan dikonsumsi. Berikut ini, beberapa daftar makanan yang memungkinkan timbulnya noda pada gigi sehingga konsumsinya bisa dikurangi.

Baca Juga:Mau Coba? Ini Dia 4 Makanan Pemutih Gigi yang Berasal dari Jenis Buah-buahanBukan Hanya Susu, Inilah 8 Pilihan Makanan Penambah Tinggi Badan yang Dapat Mengoptimalkan Pertumbuhan

Daftar Makanan Penyebab Gigi Kuning

1. Buah Beri

Jenis buah-buahan asam seperti buah beri (blackberry, blueberry, delima, dan lain-lain), mengandung pigmen warna gelap sehingga dapat menimbulkan noda pada gigi. Partikel organik kecil, dapat menembus pori-pori email gigi yang mengakibatkan tetap menempel.

Jika hal tersebut terjadi, maka noda akan lebih membandel. Saat seseorang mengonsumsi buah beri, maka gigi akan nampak terlihat ungu setelah mengonsumsinya. Noda yang menempel akan sulit untuk dihilangkan sehingga dapat berdampak gigi nampak terlihat kuning.

2. Saus Tomat

Saat makan pizza, pasta, maupun makanan cepat saji lainnya, biasanya akan menggunakan saus tomat sebagai pelengkapnya. Namun perlu berhati-hati saat mengonsumsi saus dengan bahan dasar tomat, karena mengandung asam.

Seperti yang telah disebutkan di atas, asam dapat berdampak pada perubahan warna gigi. Apalagi ditambah dukungan warnanya yang cerah dari saus tomat. Maka setelah mengonsumsinya, sebaiknya bilas mulut dengan menggunakan air agar mencegah gigi terkena noda.

3. Kecap

Kecap dengan pigmen warnanya yang gelap, dinilai dapat menodai warna gigi. Maka dengan mengonsumsi kecap, dapat memberikan perubahan warna pada gigi karena warnanya yang gelap.

4. Permen

Jenis permen seperti cokelat, mempunyai warna gelap yang dapat memberikan noda ringan pada gigi. Kemudian untuk jenis permen yang keras dengan kandungan pewarna, dapat menempel pada email gigi dan tentunya dapat mempengaruhi warna pada gigi.

5. Kari

Kari merupakan makanan berkuah yang memiliki warna kuning. Jenis makanan tersebut, dapat membuat gigi nampak lebih kuning karena bumbu dari kari, dibuat dari kunyit yang memiliki kandungan senyawa kurkumin. Kuah kari yang membekas pada gigi, dapat membuat warna gigi menjadi gelap dan menguning.

Baca Juga:Polytron Hadirkan Beragam Fitur pada Speaker Terbarunya, Salah Satunya Teknologi TWSProduk Baru! Speaker dengan Teknologi TWS dari Polytron Ditawarkan dengan Harga Segini

6. Kopi

Selain beberapa makanan yang telah disebutkan di atas, minuman sejenis kopi juga menjadi penyebab utama gigi menjadi bernoda. Pasalnya, kopi mengandung tanin yang merupakan sejenis senyawa polifenol yang dapat menyebabkan senyawa pewarna menempel pada gigi.

7. Teh

Tidak hanya kopi, minuman sejenis teh juga dapat mengakibatkan timbulnya noda pada gigi karena mengandung tanin. Namun untuk mengurangi noda teh yang dapat menempel pada gigi, dapat diakali dengan cara menambahkan sedikit susu ke dalam teh sehingga dapat membantu untuk mengurangi munculnya noda pada gigi.

 

0 Komentar