Ini Dia Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Februari 2024 – Begini Bacaan Niatnya!

puasa ayyamul bidh
Jadwal puasa ayyamul bidh Februari 2024 (Youtube: RIFDA CHAN)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bagi para kaum muslimin wajib tahu Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Februari 2024. Oeh karena itu simak artikel ini !

Pengertian Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dilakukan pada pertengahan bulan Sya’ban, yaitu. pada tanggal 13, 14 dan 15. Apalagi di bulan Februari 2024, puasa Ayyamul Bidh memberikan kesempatan berharga bagi umat Islam untuk meraih keutamaan yang besar. dan hadiah. Ketika puasa Ayyamul Bidh dimulai pada tanggal 23 Februari 2024, umat Islam dapat merayakan dimulainya ibadah haji tambahan yang diharapkan membawa keberkahan dan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Puasa Ayyamul Bidh pada bulan Februari 2024 merupakan momen spesial bagi umat Islam. untuk memperkuat spiritualitas mereka terhadap Tuhan. Pada tanggal 23 Februari 2024, umat Islam memulai puasa Ayyamul Bidhi, yaitu puasa selama tiga hari berturut-turut, yaitu tanggal 23, 24, dan 25 Februari 2024. Pentingnya puasa ini sebenarnya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam menerima keberkahan. hadits menyebutkan bahwa bulan Syawali setelah enam hari Ramadhan setara dengan puasa setahun penuh.

Baca Juga:Kupas Spesifikasi Toyota GR Yaris – Mobil dengan Performa MaksimalEmang Boleh Sebagus Ini : Inilah Rekomendasi TWS untuk Olahraga Terbaik – Harga Terjangkau

Sebagai bentuk ibadah Sunnah, puasa Ayyamul Bidhi Februari 2024 juga memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk membersihkan diri dari dosa. dan meningkatkan kesadaran spiritual. Dengan menjalankan ibadah ini pada bulan Syaban, umat Islam dapat memperkuat hubungan spiritual mereka serta mengokohkan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas iman dan amal ibadah.

Dengan demikian, Puasa Ayyamul Bidh Februari 2024 bukan hanya sekadar rangkaian aktivitas ibadah, tetapi juga sebuah perjalanan spiritual yang dapat membawa umat Islam mendekatkan diri kepada-Nya.

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh

Jadwal puasa Ayyamul Bidhi bulan Syaban 1445 H (Hijriah) tahun 2024 dapat dihitung berdasarkan kalender Hijriah yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Dalam kalender ini, 1 Syaban 1445 H jatuh pada tanggal 11 Februari 2024. Oleh karena itu, bulan Syaban berikutnya adalah jadwal puasa Ayyamul Bidhi yang dikonversi ke kalender Masehi:

  • 13 Syaban 1445 H (23 Februari 2024): Puasa Ayyamul Bidh dimulai pada hari Jumat, 23 Februari 2024.
  • 14 Syaban 1445 H (24 Februari 2024): Puasa Ayyamul Bidh berlanjut pada hari Sabtu, 24 Februari 2024.
  • 15 Syaban 1445 H (25 Februari 2024): Puasa Ayyamul Bidh akan berakhir pada hari Minggu, 25 Februari 2024.

Ayyamul Bidh adalah puasa sunah yang dilaksanakan pada tanggal 13, 14 dan 15 bulan Syaban. Meskipun puasa ini tidak wajib, namun dianjurkan sebagai ibadah tambahan. Puasa Ayyamul Bidhi mempunyai manfaat dan keberkahan tersendiri dan dianjurkan bagi umat Islam untuk melakukannya sebagai bentuk ketaatan kepada Allah.

Niat Puasa

Puasa Ayyamul Bidhi, seperti halnya niat puasa Sunni lainnya, merupakan langkah awal yang sangat penting dalam melaksanakan puasa ini. Tujuannya untuk membantu seseorang berkonsentrasi dan ikhlas dalam beribadah kepada Tuhan. Berikut niat puasa Ayyamul Bidhi yang dibaca:

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.

Artinya, “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

 

 

0 Komentar