Jangan Sampai Tertukar Lagi, Inilah Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

baking soda
Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder (Karolina Grabowska.STAFFAGE/Pexels)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Mungkin ada sebagian orang yang menganggap jika baking soda dan baking powder adalah bahan yang sama. Sebenarnya, antara baking soda dan baking powder merupakan bahan yang berbeda. Lantas, apa perbedaan baking soda dan baking powder? Untuk mengetahuinya, simak perbedaannya berikut ini.

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Baking soda dan baking powder merupakan bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue. Melansir dari Times of India, keduanya merupakan bahan ragi yang bisa meningkatkan kualitas makanan yang dipanggang dengan mekanisme dan penerapan yang berbeda.

Baking soda atau yang biasa dikenal dengan soda kue, dibuat dari 100% natrium bikarbonat. Sementara baking powder sebaliknya. Baking powder terbuat dari campuran natrium bikarbonat dan asam seperti krim tartar yang membutuhkan kelembapan dan panas untuk mengaktifkannya.

Baca Juga:Selain Bisa Jadi Pengembang Kue, Inilah 5 Fungsi Baking Soda LainnyaMengenal Tentang Mode Pesawat: Seberapa Penting Dalam Pesawat dan Fungsinya untuk Kehidupan Sehari-hari

Baking soda berbentuk bubuk putih dan akan bekerja menghasilkan gelembung saat bereaksi dengan asam. Gelembung tersebut akan membuat adonan menjadi ringan dan mengembang. Sementara pada baking powder, biasa digunakan untuk membuat adonan kue menjadi mengembang namun tanpa penambahan asam.

Maka, apabila baking powder terkena panas, asam pada baking powder dapat bereaksi dengan basa menghasilkan karbondioksida. Gas karbondioksida terperangkap dalam adonan yang akan menyebabkan adonan menjadi mengembang dan menciptakan tekstur yang ringan.

Dengan demikian dapat disimpulkan, jika pada pengaplikasiannya, baking soda mempunyai sifat basa sehingga perlu dicampur dengan bahan asam agar bisa mengaktifkan ragi. Sementara pada baking powder, merupakan kombinasi asam dan basa sehingga dapat bekerja secara mandiri sehingga baking powder lebih fleksibel.

Selain beberapa hal di atas, ketahui juga hal lainnya mengenai kesegaran dari keduanya agar bisa diketahui apakah masih bisa digunakan atau tidak. Untuk mengetahui kesegaran dari baking soda dan baking powder, bisa dicek melalui cara berikut. 

Untuk baking soda caranya tambahkan satu sendok teh soda kue ke dalam sedikit cuka. Jika menyerupai letusan gunung berapi, maka masih bagus. Sementara untuk baking powder, tambahkan satu sendok teh baking powder ke dalam segelas air panas. Jika muncul gelembung, maka baking powder masih bagus.

Lalu untuk membuat olahan kue, baking soda bisa dimanfaatkan untuk membuat wafel, martabak manis, bolu dan lain-lain. Sementara untuk baking powder, bisa digunakan untuk aneka kue kering karena dapat membuat adonan menjadi lebih renyah.

0 Komentar