Selain Bisa Jadi Pengembang Kue, Inilah 5 Fungsi Baking Soda Lainnya

baking soda
Fungsi Baking Soda (Figgy&Co)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Baking soda atau juga dikenal dengan soda kue merupakan salah satu produk rumah tangga yang biasa digunakan untuk membuat kue. Adapun tujuan penambahannya pada kue agar kue yang dihasilkan dapat mengembang.

Penggunaan baking soda ternyata bisa lebih meluas dari sekedar untuk menjadi pengembang kue saja. Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda juga memiliki fungsi lain untuk berbagai kebutuhan sehari-hari sehingga pemanfaatannya pun bisa beragam.

Untuk itu, ketahuilah ragam fungsi dari baking soda. Jika ingin mengetahui fungsi baking soda lebih meluas, maka simak penjabarannya berikut ini agar bisa memanfaatkan baking soda untuk hal lainnya selain untuk memanggang kue, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga:Mengenal Tentang Mode Pesawat: Seberapa Penting Dalam Pesawat dan Fungsinya untuk Kehidupan Sehari-hariPeluncuran Tablet Baru dari Xiaomi: Xiaomi Pad 6S Pro Hadirkan Beragam Spesifikasi

Fungsi Baking Soda

1. Sebagai Deodoran Alami

Baking soda dapat berfungsi untuk mengatasi bau pada ketiak karena dapat berperan sebagai deodoran alami. Melansir dari Dr.Axe, cara untuk membuat deodoran alami dari baking soda yakni dengan mencampurkan satu sendok teh soda kue dengan air secukupnya hingga berbentuk pasta, lalu gosokkan di bawah ketiak.

2. Pemutih Gigi

Agar bisa merawat gigi nampak putih, bisa gunakan baking soda. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh soda kue dan air, lalu gosokkan pasta ke gigi dan diamkan selama lima menit. Jika sudah, bilas mulut. Lakukan selama seminggu sekali.

3. Pembersih Wajan, Panci Hingga Karpet

Baking soda juga dapat menjadi pembersih alat-alat rumah tangga. Contohnya pada alat dapur berupa wajan dan panci. Caranya dengan mencampur soda kue dengan sedikit air, kemudian gosokkan campuran tersebut pada wajan dan panci menggunakan spons. Biarkan 5 menit dan bersihkan.

Selain itu, baking soda juga bisa berguna untuk membersihkan karpet karena bisa menetralisir bau. Caranya yakni dengan menaburkan baking soda pada karpet dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Jika sudah, vakum karpet atau bersihkan karpet.

4. Pembersih Peralatan Perak

Jika di rumahmu ada peralatan yang berbahan perak, maka bisa dibersihkan dengan menggunakan baking soda. Caranya campurkan 3 bagian baking soda dan 1 bagian air. Jika sudah berbentuk seperti pasta, oleskan pada peralatan perak yang ingin dibersihkan dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas.

5. Membersihkan Sayur dan Buah

Pada makanan, baking soda bisa berguna untuk membersihkan sayur dan buah dari kotoran maupun pestisida. Caranya tambahkan baking soda ke dalam wadah yang telah berisi air, masukkan sayur dan buah yang ingin dibersihkan lalu diamkan sampai 15 menit. Kemudian bilas dan tiriskan.

0 Komentar