Sambut Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946

Sambut Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946
0 Komentar

Menyambut Hari Raya Nyepi tahun Saka 1946, umat Hindu asal Cirebon, Indramayu, dan Kabupaten Bandung Barat berkumpul di Pantai Pelabuhan Cirebon untuk melaksanakan upacara Melasti. Salah satu ritual penyucian sarana persembahyangan ini menjadi yang pertama kali dilaksanakan di tepi laut bagi sebagian umat Hindu yang hadir.

Pada minggu pagi, ratusan umat Hindu berkumpul di Pantai Pelabuhan Kota Cirebon untuk melaksanakan upacara Melasti sebagai rangkaian dari peringatan Hari Raya Nyepi tahun Saka 1946. Selain dihadiri oleh umat Hindu sekitar Cirebon, juga ada yang berasal dari Indramayu, Kota Cimahi, serta Kabupaten Bandung Barat yang pertama kali menggelar upacara di tepi laut.

Upacara Melasti merupakan ritual suci yang bertujuan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa masa lalu dan menghadapkan diri kepada Tuhan, menggunakan air laut sebagai perwujudan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup dengan menghanyutkan segala kotoran alam ke laut sebagai simbolisasi penghilangan penderitaan, penyucian diri, dan menjaga keseimbangan alam.

Baca Juga:Polsek Gebang Amankan ODGJMesin Mobil Mati Saat Lewati Banjir

Ketua PHDI Provinsi Jawa Barat, Brigjen Purnawirawan I Made Riawan, berpesan kepada seluruh umat Hindu dalam menjalankan upacara Melasti dapat mempersiapkan diri untuk menyambut Hari Raya Nyepi tahun Saka 1946 dengan semangat kerukunan, tertib, dan guyub.

Tujuan upacara Melasti adalah meningkatkan rasa percaya dan pengabdian kepada Dewa-Dewa sebagai manifestasi Tuhan, sambil mengurangi penderitaan masyarakat, menghapuskan kejahatan, dan mencegah kerusakan alam. Melalui rangkaian ritual dan spiritualitas, umat Hindu didorong untuk mengatasi permasalahan sosial serta menyebarkan perdamaian ke seluruh alam semesta.

0 Komentar