Dinas Kehutanan Jabar Tanam Mangrove di Mundupesisir – Video

Dinas Kehutanan Jabar Tanam Mangrove di Mundupesisir
0 Komentar

Aksi penanaman ribuan batang mangrove dilakukan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat bersama Pemerintah Desa Mundupesisir di Muara Mundupesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi green belt atau sabuk hijau di wilayah pantura.

Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, bekerja sama dengan Kabupaten Cirebon, menggelar penanaman ribuan mangrove di muara pantai Mundupesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon pada pagi hari Minggu. Kegiatan ini merupakan agenda rutin Dinas Kehutanan di mana setiap hari pekannya melakukan penanaman pohon secara bergiliran di 27 kota/kabupaten di Jawa Barat.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat menyatakan bahwa dengan melakukan penanaman ini, akhirnya wilayah pesisir pantai di Jawa Barat, baik di bagian utara maupun selatan, bisa menjadi green belt atau sabuk hijau. Tentunya, keberadaan mangrove di pesisir dapat melindungi dari abrasi pantai, mencegah terjadinya bencana alam, serta melestarikan habitat dan ekosistem pesisir.

Baca Juga:Komisi IV Soroti Sarana Pendukung Transportasi Di Wilayah Kerja UPTD PPP LLAJ Kab. Garut – VideoKomisi IV Dprd Provinsi Jawa Barat Soroti Progres TPPASR Legok Nangka Kab. Bandung – Video

Dinas Kehutanan Jawa Barat juga mengapresiasi keberadaan tokoh peduli lingkungan, yakni Nursin, yang telah berusaha membentuk habitat mangrove di pesisir utara Mundu. Kegiatan ini juga bertujuan untuk pembangunan berkelanjutan, pemberdayaan lingkungan pesisir, dan dapat menjadi destinasi wisata pesisir dan mangrove di wilayah Kabupaten Cirebon, khususnya di Kecamatan Mundu.

Sementara itu, Dinas Kehutanan juga akan mendorong status guna lahan yang dikhawatirkan menjadi sengketa lantaran lahan mangrove di kemudian hari.

0 Komentar