Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Hama Eceng Gondok – Video

Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Hama Eceng Gondok
0 Komentar

Masyarakat di Desa Dukuh, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, melakukan gotong royong membersihkan hama eceng gondok di Sungai Tumaritis. Pertumbuhan eceng gondok yang cepat di sungai tersebut telah menghambat aliran air menuju muara sungai.

Keberadaan eceng gondok ini diperparah dengan tingginya sedimentasi sungai Tumaritis, terutama di area muara sungai. Akibatnya, saat musim penghujan, sungai Tumaritis di Desa Dukuh sering meluap dan menyebabkan banjir di area tambak dan pertanian masyarakat.

Pemerintah Desa Dukuh telah mengajukan permohonan normalisasi kepada pemerintah dan instansi terkait, namun hingga saat ini belum ada upaya normalisasi yang dilakukan. Oleh karena itu, masyarakat akhirnya turun langsung untuk membersihkan hama eceng gondok secara manual.

Baca Juga:TPS 3R Desa Tuk Sukses Kelola Sampah – VideoSedimentasi Terus Bertambah Dan Badan Sungai Menyempit – Video

Muhammad Bisri, Kuwu Desa Dukuh, mengharapkan agar pemerintah daerah dan BBWS Cimanuk Cisanggarung dapat lebih responsif dalam menangani masalah yang dialami oleh masyarakat, terutama dalam menangani hama eceng gondok yang sudah sangat mengkhawatirkan.

0 Komentar