Ini Dia Alsan Anak Anak Menyukai Keju,Yuk Simak Manfaat Keju Untuk Kesehatan Tubuh

foto
Foto/Manfaat Keju (ww.kompasiana.com)
0 Komentar

Radar.Cirebon.TvKeju adalah produk olahan susu yang di buat melalui proses fermentasi, pemadatan, dan pemanasan susu.

Dalam pembuatan keju, zat seperti cuka, rennet, atau enzim dari lapisan perut sapi juga di tambahkan untuk membantu proses pemadatan susu. 

Proses pengolahan ini membuat keju mengandung berbagai zat gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Baca Juga:Yuk kenalan Dengan Manfaat Asam Kojic Untuk Kesehatan Tubuh Kita Serta Orang Yang Kita Sayang.5 Manfaat Tawas untuk Kesehatan dan Kecantikan,Simak Cara Penggunaan nya Disini

Keju merupakan makanan yang populer di seluruh dunia dan sering kali di olah menjadi berbagai jenis hidangan atau di tambah sebagai topping. 

Selain enak, keju juga menyehatkan karena mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Telusuri manfaat keju bagi kesehatan berikut ini. 

Manfaat keju untuk kesehatan tubuh

  1. Menjaga kesehatan tulang

    Salah satu manfaat keju adalah membantu menjaga kesehatan tulang. Keju mengandung kalsium yang tinggi, 100 gram keju dapat memenuhi sekitar 77% kebutuhan kalsium harian. 

    Kalsium merupakan mineral penting yang dapat membantu menjaga kepadatan mineral tulang serta mencegah osteoporosis.

    Selain itu, keju mengandung vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk penyerapan kalsium. Vitamin D berperan dalam mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dengan mengatur kadar kalsium dalam darah. 

    2. Mencegah gigi berlubangSalah satu masalah umum yang terjadi pada gigi adalah karies atau di sebut juga dengan gigi berlubang yang terjadi akibat penumpukan bakteri di mulut.

    Keju di ketahui dapat membantu untuk menjaga kesehatan mulut serta mencegah risiko gigi berlubang. 

    Baca Juga:Coba Lakuin Ini Yuk,8 Cara Menghilangkan Trauma yang Paling Efektif.4 Penyebab trauma Yang Sering Dialami Oleh Orang Banyak,Yuk Simak Apa Saja.

    Pasalnya, saat mengunyah keju, produksi air liur di dalam mulut akan meningkat.

    Air liur dapat membantu memecah plak serta menghilangkan gula yang menempel di gigi. 

    Studi dalam Journal of Translational Medicine juga mengungkapkan bahwa mengunyah keju setelah makan malam dapat membantu menjaga keseimbangan PH di mulut dan mengurangi pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

    3. Mengurangi peradanganPada dasarnya, peradangan adalah respons sistem kekebalan tubuh terhadap cedera atau penyakit yang di sebabkan oleh virus, bakteri atau zat berbahaya lainnya. 

    Peradangan yang terjadi secara berlebihan dapat menjadi pertanda penyakit kronis, seperti penyakit jantung atau obesitas. 

    Beberapa jenis keju seperti blue cheese atau keju cheddar mengandung asam linoleat, yang di ketahui mampu mengurangi peradangan dalam tubuh. 

    Meski begitu, masih di butuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikkan manfaat keju dalam mengatasi peradangan. 

    4. Menjaga kesehatan sistem pencernaanMengutip Cleveland Clinic, beberapa jenis keju seperti keju cottage, provolone, dan Swiss mengandung probiotik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan 

    Probiotik adalah sekumpulan bakteri baik yang berperan penting dalam menjaga fungsi sistem pencernaan dengan cara menyeimbangkan jumlah mikrobiom di susu.

    Selain itu, bakteri baik ini juga dapat membantu tubuh menyerap zat gizi penting yang terdapat pada makanan dan minuman, sehingga tubuh dapat bekerja secara optimal. 

    5. Menjaga sistem imun tubuhTidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, kandungan probiotik di dalam keju juga dapat membantu menjaga sistem imun tubuh. 

    Hal ini karena bakteri probiotik yang terdapat di dalam keju dapat berinteraksi dan menstimulasi sel imun di usus dan meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh.

    Jika sel kekebalan tubuh dapat bekerja dengan baik, tubuh dapat terlindungi dari bakteri, virus, dan zat berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.

    6. Mencegah demensiaSelain dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, manfaat keju selanjutnya adalah membantu mencegah demensia.

    Demensia adalah kondisi berupa penurunan kemampuan fungsi kognitif dalam mengingat, berpikir, bertingkah laku, dan berbicara.  Studi dalam International Journal of Molecular Sciences mengungkapkan bahwa mengonsumsi produk susu, termasuk keju dapat membantu mencegah demensia.  

    Hal ini karena keju mengandung senyawa oleamide dan dehydroergosterol yang dapat membantu mengurangi peradangan di otak.

    Peradangan di otak bisa menjadi salah satu pemicu perkembangan penyakit demensia. 

    Itu dia 6 dari sekian banyak manfaat keju yang sering di konsumsi oleh banyak orang teutama anak anak.

0 Komentar